Tafsir Al-Muyasar Surat Saba’ 1-5

SABA’ : 1-

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَلَهُ الْحَمْدُ فِي الْآخِرَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ

TERJEMAH :

Segala puji bagi Allah yang memiliki apa yang di langit dan apa yang di bumi dan bagi-Nya (pula) segala puji di akhirat. Dan Dia-lah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

TAFSIR :

Pujian kepada Allah dengan sifat-sifat-Nya di mana seluruhnya adalah sifat-sifat kesempurnaan, dan dengan nikmat-nikmat-Nya yang lahir maupun yang batin, yang bersifat agama maupun dunia. Dia yang memiliki apa yang dilangit dan dibumi, dan bagi-Nya sanjungan sempurna di akhirat. Dia Maha Bijaksana dalam perbuatan-Nya, Maha Mengenal makhluk-Nya.

SABA’ : 2-

يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاء وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ الرَّحِيمُ الْغَفُورُ

TERJEMAH :

Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang ke luar dari- padanya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia-lah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun.

TAFSIR :

Dia Maha Mengetahui apa yang meresap ke dalam bumi berupa tetesan air, mengetahui apa yang keluar darinya berupa tanaman, barang tambang dan air. Dia juga mengetahui apa yang turun dari langit berupa hujan, malaikat dan kitab-kitab, dan apa yang naik kepada-Nya, berupa malaikat dan perbuatan makhluk. Allah Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya sehingga Dia tidak menyegerakan hukuman atas para pendosa mereka, Maha Pengampun bagi dosa-dosa para hamba-Nya yang bertaubat dan bertwakal kepada-Nya.

SABA’ : 3-

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَأْتِينَا السَّاعَةُ قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتَأْتِيَنَّكُمْ عَالِمِ الْغَيْبِ لَا يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَلَا أَصْغَرُ مِن ذَلِكَ وَلَا أَكْبَرُ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang kafir berkata: “Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami”. Katakanlah: “Pasti datang, demi Tuhanku Yang Mengetahui yang ghaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tidak ada tersembunyi daripada-Nya sebesar zarrahpun yang ada di langit dan yang ada di bumi dan tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan tersebut dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)”,

TAFSIR :

Orang-orang kafir yang mengingkari kebangkitan berkata : Kiamat tidak akan datang kepada kami. Katakanlah wahai Rasul : Tidak demi Allah Rabbku, ia pasti akan datang. Hanya saja saat kedatangannya hanya diketahui oleh Allah yang Maha Mengetahui yang ghaib, di mana tidak samar bagi-Nya seekor semut pun di langit dan di bumi, tiada yang lebih besar atau lebih kecil dari itu kecuali ia telah tertulis dalam kitab yang nyata, yaitu Lauhul Mahfuzh.

SABA’ : 4-

لِيَجْزِيَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُوْلَئِكَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

TERJEMAH :

supaya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Mereka itu adalah orang-orang yang baginya ampunan dan rezki yang mulia.

TAFSIR :

Agar Allah memberi pahala kepada orang-orang yang membenarkan Allah dan mengikuti Rasulullah صلی الله عليه وسلم serta melakukan amal-amal yang shalih. Mereka mendapatkan ampunan bagi dosa-dosa mereka dan rizki yang mulia, yaitu surga.

SABA’ : 5-

وَالَّذِينَ سَعَوْا فِي آيَاتِنَا مُعَاجِزِينَ أُوْلَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مِّن رِّجْزٍ أَلِيمٌ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang berusaha untuk (menentang) ayat-ayat Kami dengan anggapan mereka dapat melemahkan (menggagalkan azab Kami), mereka itu memperoleh azab, yaitu (jenis) azab yang pedih.

TAFSIR :

Dan orang-orang yang berusaha menghalang-halangi jalan Allah, mendustakan para utusan-Nya, dan membatalkan ayat-ayat-Nya adalah orang-orang yang menentang dan melawan perintah Allah, mereka akan mendapatkan adzab terburuk dan terberat kepedihannya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*