Tafsir Al-Muyasar Surat Maryam 56-60

MARYAM : 56-

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا

TERJEMAH :

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quraan. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.

TAFSIR  :

Sebutkanlah, wahai Rasul, berita Idris dalam al-Qur”an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat benar kata-kata dan perbuatannya, dan seorang Nabi yang diberi wahyu.

MARYAM : 57-

وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا

TERJEMAH :

Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

TAFSIR  :

Kami tinggikan namanya di tengah semesta, dan Kami tinggikan kedudukannnya di antara muqarrabin (orang-orang yang didekatkan kepada Allah). Jadi, ia adalah seorang yang mulia namanya, tinggi kedudukannya.

MARYAM : 58-

أُوْلَئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ مِن ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِن ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَن خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

TERJEMAH :

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

TAFSIR  :

Orang-orang yang Aku ceritakan berita mereka kepadamu, wahai Rasul, adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah dengan karunia dan taufik-Nya, lalu Dia menjadikan mereka sebagai nabi-nabi dari keturunan Adam, dari keturunan orang-orang yang Kami angkut bersama Nuh dalam perahu, dari keturunan Ibrahim, dari keturunan Ya”kub, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk kepada iman dan telah Kami pilih untuk mengemban risalah dan kenabian. Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat ar-Rahman (Yang Maha Pemurah)  yang berisikan tauhid dan keterangan-keterangan-Nya, maka mereka bersungkur dalam keadaan bersujud dengan tunduk dan merendahkan diri, serta mereka menangis karena takut kepada-Nya.

MARYAM : 59-

فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

TERJEMAH :

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,

TAFSIR  :

Kemudian sesudah orang-orang yang diberi nikmat itu, datanglah para pengikut buruk yang meninggalkan shalat seluruhnya, melewatkan waktunya, atau meninggalkan rukun-rukun dan kewajiban-kewajibannya, serta mereka mengikuti apa yang sejalan dengan hawa nafsu mereka. Kelak, mereka akan menemui keburukan, kesesatan, dan kerugian di Jahanam.

MARYAM : 60-

إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُوْلَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئًا

TERJEMAH :

kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun,

TAFSIR  :

Tetapi siapa yang bertaubat di antara mereka dari dosanya, beriman kepada Rabbnya, dan beramal shalih sebagai bukti taubatnya, maka mereka itulah yang Allah terima taubat mereka, dan mereka akan masuk surga bersama orang-orang Mukmin, serta mereka tidak dikurangi sedikit pun dari amal-amal shalih mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*