Tafsir Al-Muyasar Surat Maryam 31-40

MARYAM : 31

وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا
Terjemah :
dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
Tafsir :
Dia juga menjadikan aku sebagai orang yang besar kebaikan dan manfaatnya di mana pun aku berada. Dia berpesan kepadaku supaya menjaga shalat dan menunaikan zakat selama aku masih hidup.

MARYAM : 32

وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا
Terjemah :
dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
Tafsir :
Dia menjadikanku sebagai orang yang berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikanku sebagai orang yang sombong (yang suka menolak kebenaran), dan celaka lagi durhaka kepada Rabbku.

MARYAM : 33

وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا
Terjemah :
Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.
Tafsir :
Kesejahteraan dan rasa aman dari Allah semoga dilimpahkan kepadaku pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal, dan pada hari aku dibangkitkan dalam keadaan hidup pada Hari Kiamat.

MARYAM : 34

ذَلِكَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ قَوْلَ الْحَقِّ الَّذِي فِيهِ يَمْتَرُونَ
Terjemah :
Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.
Tafsir :
Apa yang telah Kami kisahkan kepadamu itu, wahai Rasul, baik sifatnya maupun beritanya, adalah Isa putra Maryam, dan tanpa keraguan dan kebimbangan, karena ini adalah perkataan benar yang diragukan oleh kaum Yahudi dan Nasrani.

MARYAM : 35

مَا كَانَ لِلَّهِ أَن يَتَّخِذَ مِن وَلَدٍ سُبْحَانَهُ إِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ
Terjemah :
Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia.
Tafsir :
Tidak mungkin dan tidak patut bagi Allah mengambil seorang anak dari hamba dan makhluk-Nya. Mahasuci Dia dari hal itu. Apabila Dia telah menetapkan salah satu urusan dan menghendakinya, baik kecil maupun besar, maka tidak ada yang bisa menghalanginya, dan Dia hanya berkata kepadanya : Jadilah, maka ia terjadi sebagaimana yang dikehendaki-Nya.

MARYAM : 36

وَإِنَّ اللَّهَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ هَذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيمٌ
Terjemah :
Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahIah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.
Tafsir :
Isa berkata kepada kaumnya : Sesungguhnya Allah yang aku serukan kalian kepada-Nya adalah Rabbku dan Rabb kalian satu-satunya, maka sembahlah dia semata-mata tanpa ada sekutu bagi-Nya. Karena aku dan kalian adalah sama dalam hal penghambaan dan ketundukan kepada-Nya. Inilah jalan yang tiada kebengkokan padanya.

MARYAM : 37

فَاخْتَلَفَ الْأَحْزَابُ مِن بَيْنِهِمْ فَوَيْلٌ لِّلَّذِينَ كَفَرُوا مِن مَّشْهَدِ يَوْمٍ عَظِيمٍ
Terjemah :
Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka [903]. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang besar.
________________________________________
[903] Yaitu: Orang-orang Yahudi dan Nasrani atau antara sesama Yahudi atau sesama Nasrani.
Tafsir :
Golongan-golongan dari Ahli Kitab berselisih di antara mereka tentang perkara Isa. Di antara mereka ada yang sangat berlebih-lebihan kepadanya, yaitu kaum Nashrani. Sebagian kaum Nashrani ada yang mengatakan : Isa adalah Allah. Ada juga yang mengatakan : Isa adalah putra Allah. Dan ada pula yang mengatakan : Isa adalah salah satu dari tiga oknum (dalam trinitas). Mahasuci Allah dari apa yang mereka katakan. Di antara Ahli Kitab itu ada yang tidak ramah kepada Isa, yaitu Yahudi. Mereka mengatakan : Isa adalah penyihir. Mereka juga mengatakan : Isa adalah anak Yusuf si tukang kayu. Maka kebinasaanlah bagi orang-orang kafir pada saat mereka menyaksikan hari yang sangat mencekam, yaitu Hari Kiamat.

MARYAM : 38

أَسْمِعْ بِهِمْ وَأَبْصِرْ يَوْمَ يَأْتُونَنَا لَكِنِ الظَّالِمُونَ الْيَوْمَ فِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ
Terjemah :
Alangkah terangnya pendengaran mereka dan alangkah tajamnya penglihatan mereka pada hari mereka datang kepada Kami. Tetapi orang-orang yang zalim pada hari ini (di dunia) berada dalam kesesatan yang nyata.
Tafsir :
Betapa tajamnya pendengaran dan penglihatan mereka pada Hari Kiamat, hari ketika mereka dating kepada Allah, ketika hal itu tidak bermanfaat bagi mereka!! Tetapi orang-orang yang zhalim pada hari itu di dunia ini berada dalam kesesatan yang nyata dari kebenaran.

MARYAM : 39

وَأَنذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الْأَمْرُ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ وَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ
Terjemah :
Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman.
Tafsir :
Berilah peringatan, wahai Rasul, kepada manusia tentang hari penyesalan, ketika segala perkara diputuskan, dan kematian didatangkan seakan-akan kambing gibas berwarna sangat putih, lalu disembelih. Dan diputuskan perkara di antara makhluk, lalu orang-orang yang beriman masuk ke dalam surga dan orang-orang yang kafir masuk ke dalam neraka. Mereka pada saat sekarang ini di dunia dalam kelalaian terhadap apa yang diperingatkan terhadap mereka, dan mereka tidak melakukan amal shalih.

MARYAM : 40

إِنَّا نَحْنُ نَرِثُ الْأَرْضَ وَمَنْ عَلَيْهَا وَإِلَيْنَا يُرْجَعُونَ
Terjemah :
Sesungguhnya Kami mewarisi bumi [904] dan semua orang-orang yang ada di atasnya, dan hanya kepada Kamilah mereka dikembalikan.
________________________________________
[904] “Mewarisi bumi” maksudnya: setelah alam semesta ini hancur semuanya, maka Allah-lah yang kekal.
Tafsir :
Sesungguhnya Kamilah yang mewarisi bumi dan semua orang yang ada diatasnya setelah kebinasaan mereka. Sedangkan Kami tetap kekal sesudah kebinasaan mereka dan hukum Kami tetap berlaku pada mereka. Hanya kepada Kamilah tempat kembali mereka dan hisab mereka, lalu Kami membalas mereka atas perbuatan mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*