Tafsir Al-Muyasar Surat Ibrahim 31-40

IBRAHIM : 31

قُل لِّعِبَادِيَ الَّذِينَ آمَنُواْ يُقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَيُنفِقُواْ مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَ يَوْمٌ لاَّ بَيْعٌ فِيهِ وَلاَ خِلاَلٌ
Terjemah :
Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang- terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan[790].
________________________________________
[790] Maksudnya : pada hari kiamat itu tidak ada penebusan dosa dan pertolongan sahabat, lihat juga ayat 254 surat (2) Al Baqarah.
Tafsir :
Katakanlah, wahai Rasul, kepada hamba-hamba-Ku yang beriman, agar mereka mengerjakan shalat sesuai ketentuan-ketentuannya, mengeluarkan sebagian harta yang Kami berikan kepada mereka di jalan-jalan kebajikan, baik yang wajib maupun sunnah, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, sebelum datang Hari Kiamat yang pada hari itu tidak bermanfaat lagi tebusan atau pertemanan.

IBRAHIM : 32

اللّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَأَنزَلَ مِنَ السَّمَاء مَاء فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَّكُمْ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ وَسَخَّرَ لَكُمُ الأَنْهَارَ
Terjemah :
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.
Tafsir :
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi, menjadikan keduanya dari ketiadaan, dan menurunkan air hujan dari awan. Lalu dengannya Dia menghidupkan bumi setelah matinya, dan mengeluarkan darinya rizki-rizki untuk kalian. Dia telah menundukkan bahtera bagi kalian, agar bahtera itu berlayar di lautan dengan perintah-Nya untuk kemanfaatan kalian. Dan Dia menundukkan sungai-sungai untuk kalian sebagai minuman kalian, minuman binatang kalian, menyirami tanaman kalian, dan semua kemanfaatan kalian.

IBRAHIM : 33

وَسَخَّر لَكُمُ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ دَآئِبَينَ وَسَخَّرَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ
Terjemah :
Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.
Tafsir :
Allah telah menundukkan untuk kalian matahari dan bulan yang tidak pernah berhenti dari peredarannya, agar berbagai kemaslahatan terealisir dengan keduanya. Dia menundukkan untuk kalian malam, agar kalian tentram dan istirahat pada waktu itu, dan menundukkan siang, agar kalian mencari karunia-Nya dan mengatur penghidupan kalian.

IBRAHIM : 34

وَآتَاكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ وَإِن تَعُدُّواْ نِعْمَتَ اللّهِ لاَ تُحْصُوهَا إِنَّ الإِنسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ
Terjemah :
Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).
Tafsir :
Dia memberi kalian dari semua permintaan kalian. Jika kalian menghitung nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada kalian, niscaya kalian tidak sanggup menghitungnya, dan tidak mampu menunaikan rasa syukurnya, karena sedemikian banyaknya dan beraneka ragamnya. Sesungguhnya manusia itu benar-benar banyak berbuat zhalim kepada dirinya sendiri, lagi banyak mengingkari nikmat-nikmat Rabbnya.

IBRAHIM : 35

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ
Terjemah :
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.
Tafsir :
Ingatlah, wahai Rasul, ketika Ibrahim berdoa kepada Rabbnya (setelah menempatkan putranya, Ismail dan ibunya Hajar di lembah Makkah) : Wahai Rabbku, jadikanlah Makkah sebagai negeri aman, di mana setiap orang yang tinggal di dalamnya merasa aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari menyembah berhala-berhala.

IBRAHIM : 36

رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِّنَ النَّاسِ فَمَن تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Terjemah :
Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Tafsir :
Wahai Rabbku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyebabkan banyak manusia terjauhkan dari jalan kebenaran. Barangsiapa mengikutiku dalam tauhid, maka ia berada di atas agama dan sunnahku. Barangsiapa yang mendurhakaiku dalam perkara selain syirik, maka sesungguhnya Engkau Maha Pengampun bagi dosa-dosa orang-orang yang berdosa (dengan karunia-Mu) lagi Maha Penyayang kepada mereka. Engkau mengampuni dari mereka siapa yang Engkau kehendaki.

IBRAHIM : 37

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُواْ الصَّلاَةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ
Terjemah :
Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.
Tafsir :
Wahai Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak terdapat tanaman dan air di dekat rumah-Mu yang disucikan (Baitullah al-Muharram). Wahai Rabb kami, aku melakukan hal itu karena perintah-Mu, agar mereka melaksanakan shalat sesuai ketentuan-ketentuannya. Karena itu, jadikanlah hati sebagian makhluk-Mu cenderung kepada mereka, dan berilah mereka rizki di tempat ini dari aneka macam buah-buahan, agar mereka bersyukur kepada-Mu atas besarnya nikmat-nikmat-Mu. Allah pun mengabulkan doanya.

IBRAHIM : 38

رَبَّنَا إِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِي وَمَا نُعْلِنُ وَمَا يَخْفَى عَلَى اللّهِ مِن شَيْءٍ فَي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاء
Terjemah :
Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.
Tafsir :
Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang Kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan. Dan tidak ada sesuatu pun dari makhluk di bumi dan di langit yang tersembunyi dari pengetahuan Allah.

IBRAHIM : 39

الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي وَهَبَ لِي عَلَى الْكِبَرِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَقَ إِنَّ رَبِّي لَسَمِيعُ الدُّعَاء
Terjemah :
Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar- benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.
Tafsir :
Ibrahim memuji Allah dengan mengucapkan : Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di masa tuaku dua anakku, Ismail dan Ishaq, setelah aku berdoa agar memberikan kepadaku sebagian anak-anak yang shalih. Sesungguhnya Rabbku benar-benar Maha Mendengar doa orang yang berdoa kepada-Nya. Aku telah berdoa kepada-Nya, dan Dia tidak menggagalkan harapanku.

IBRAHIM : 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء
Terjemah :
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.
Tafsir :
Wahai Rabbku, jadikanlah aku sebagai orang yang senantiasa mengerjakan shalat dengan sesempurna mungkin, dan jadikanlah anak keturunanku sebagai orang-orang yang senantiasa memeliharanya. Wahai Rabb kami, kabulkanlah doaku dan terimalah ibadahku.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*