Tafsir Al-Muyasar Surat Fushshilat 16-20


FUSHSHILAT : 16-

فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا صَرْصَرًا فِي أَيَّامٍ نَّحِسَاتٍ لِّنُذِيقَهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَخْزَى وَهُمْ لَا يُنصَرُونَ

TERJEMAH :

Maka Kami meniupkan angin yang amat gemuruh kepada mereka dalam beberapa hari yang sial, karena Kami hendak merasakan kepada mereka itu siksaan yang menghinakan dalam kehidupan dunia. Dan Sesungguhnya siksa akhirat lebih menghinakan sedang mereka tidak diberi pertolongan.

TAFSIR :

Maka Kami mengirimkan kepada mereka angina yang sangat dingin dengan suara yang mengguntur di hari-hari yang membawa sial kepada mereka, agar mereka merasakan adzab kehinaan dan kerendahan di dunia. Dan adzab akhirat benar-benar lebih menghinakan dan lebih merendahkan, mereka tidak ditolong dengan dihentikannya adzab dari mereka.

FUSHSHILAT : 17-

وَأَمَّا ثَمُودُ فَهَدَيْنَاهُمْ فَاسْتَحَبُّوا الْعَمَى عَلَى الْهُدَى فَأَخَذَتْهُمْ صَاعِقَةُ الْعَذَابِ الْهُونِ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

TERJEMAH :

Dan adapun kaum Tsamud, maka mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai buta (kesesatan) daripada petunjuk, maka mereka disambar petir azab yang menghinakan disebabkan apa yang telah mereka kerjakan.

TAFSIR :

Adapun Tsamud kaum Shalih, maka Kami telah menjelaskan kepada mereka jalan kebenaran dan jalan yang lurus, namun mereka lebih memilih kesesatan di atas petunjuk, maka halilintar yang menghinakan membinasakan mereka disebabkan dosa-dosa yang mereka lakukan dan kekufuran mereka kepada Allah serta pendustaan mereka terhadap utusan-utusan Allah.


FUSHSHILAT : 18-

وَنَجَّيْنَا الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka adalah orang-orang yang bertakwa.

TAFSIR :

Dan Kami menyelamatkan orang-orang beriman dari adzab yang menimpa ‘Ad dan Tsamud. Dan orang-orang yang selamat itu adalah orang-orang yang takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya.


FUSHSHILAT : 19-

وَيَوْمَ يُحْشَرُ أَعْدَاء اللَّهِ إِلَى النَّارِ فَهُمْ يُوزَعُونَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allah di giring ke dalam neraka, lalu mereka dikumpulkan semuanya.

TAFSIR :

Di hari di mana musuh-musuh Allah diseret ke Neraka Jahanam, para malaikat Zabaniyah menggiring mereka dari awal hingga akhir. Saat mereka tiba di neraka, mereka mengingkari dosa-dosa mereka.


FUSHSHILAT : 20-

حَتَّى إِذَا مَا جَاؤُوهَا شَهِدَ عَلَيْهِمْ سَمْعُهُمْ وَأَبْصَارُهُمْ وَجُلُودُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.

TAFSIR :

Pada saat itu pendengaran, penglihatan dan kulit mereka bersaksi dengan apa yang mereka lakukan di dunia berupa dosa-dosa dan kemaksiatan-kemaksiatan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*