Tafsir Al-Muyasar Surat Faathir’ 36-40

FAATHIR’ : 36-

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُم مِّنْ عَذَابِهَا كَذَلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُورٍ

TERJEMAH :

Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak di- binasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari me- reka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat ka- fir.

TAFSIR :

Dan orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, bagi mereka api neraka Jahanam yang membakar. Tidak ditetapkan kematian untuk mereka sehingga mereka bisa mati lalu beristirahat dari adzab, dan siksanya juga tidak akan diringankan dari mereka. Dengan balasan seperti ini Alah membalas setiap orang yang kafir dengan kekufuran mendalam dan bersikukuh mempertahankannya.

FAATHIR’ : 37-

وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ وَجَاءكُمُ النَّذِيرُ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِن نَّصِيرٍ

TERJEMAH :

Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : “Ya Tuhan kami, keluar- kanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan”. Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau ber- fikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan ? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang za- lim seorang penolongpun.

TAFSIR :

Orang-orang kafir itu berteriak minta tolong di Neraka Jahanam karena kerasnya adzab yang mereka terima : Wahai Rabb kami, keluarkanlah kami dari Neraka Jahanam, kembalikanlah kami ke dunia, kami akan melakukan yang lain dari apa yang kami lakukan di dunia sebelum ini, lalu kami akan beriman sebagai ganti kekufuran. Maka Allah menjawab : Bukankah Kami telah menyediakan usia yang mencukupi bagi kalian . Lalu siapa yang mengambil pelajaran maka dia mengambil pelajaran, Nabi صلی الله عليه وسلم  telah datang kepada kalian, sekalipun demikian kalian tetap tidak merenungkan dan mengambil pelajaran?? Maka rasakanlah siksa api neraka Jahanam. Orang-orang kafir itu tidak memiliki penolong yang bisa membantu mereka mengentaskannya dari adzab Allah.

FAATHIR’ : 38-

إِنَّ اللَّهَ عَالِمُ غَيْبِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.

TAFSIR :

Sesungguhnya Allah mengetahui segala yang ghaib di langit dan di bumi. Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan di dalam dada, maka waspadalah jangan sampai Allah mengetahui dadamu memendam keraguan atau kesyirikan dalam keesaan-Nya atau pada kenabian Muhammad صلی الله عليه وسلم  atau kalian bermaksiat dengan selain itu.

FAATHIR’ : 39-

هُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ فِي الْأَرْضِ فَمَن كَفَرَ فَعَلَيْهِ كُفْرُهُ وَلَا يَزِيدُ الْكَافِرِينَ كُفْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ إِلَّا مَقْتًا وَلَا يَزِيدُ الْكَافِرِينَ كُفْرُهُمْ إِلَّا خَسَارًا

TERJEMAH :

Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barang- siapa yang kafir, maka (akibat) kekafirannya menimpa dirinya sendiri. Dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka.

TAFSIR :

Allah yang menejadikan kalian (wahai manusia), sebagian meneruskan sebagian yang lain di muka bumi. Barangsiapa di antara kalian mengingkari keesaan Allah, maka kerugian dan kekufuran atas dirinya, kekufuran orang-orang kafir di sisi Rabb mereka tidak menambah kecuali kebencian dan kemarahan, kekufuran mereka kepada Allah tidak menambah mereka kecuali kesesatan dan kebinasaan.

FAATHIR’ : 40-

قُلْ أَرَأَيْتُمْ شُرَكَاءكُمُ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا خَلَقُوا مِنَ الْأَرْضِ أَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ أَمْ آتَيْنَاهُمْ كِتَابًا فَهُمْ عَلَى بَيِّنَةٍ مِّنْهُ بَلْ إِن يَعِدُ الظَّالِمُونَ بَعْضُهُم بَعْضًا إِلَّا غُرُورًا

TERJEMAH :

Katakanlah: “Terangkanlah kepada-Ku tentang sekutu-sekutumu yang kamu seru selain Allah. Perlihatkanlah kepada-Ku (bahagian) manakah dari bumi ini yang telah mereka ciptakan ataukah mereka mempunyai saham dalam (penciptaan) langit atau adakah Kami memberi kepada me- reka sebuah Kitab sehingga mereka mendapat keterangan-keterangan yang jelas daripadanya? Sebenarnya orang-orang yang zalim itu seba- hagian dari mereka tidak menjanjikan kepada sebahagian yang lain, melainkan tipuan belaka”.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang musyrikin : Katakanlah kepadaku, apa yang telah dibuat oleh sekutu-sekutu kalian di bumi, atau sekutu-sekutu yang kalian sembah selain Allah itu memiliki wewenang untuk berserikat bersama Allah dalam menciptakan langit, atau Kami memberi kalian sebuah kitab sehingga dengannya mereka memiliki hujjah?? Sebaliknya, apa yang dijanjikan oleh sebagian orang-orang kafir kepada sebagian lainnya hanyalah tipu daya dan kebohongan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*