Tafsir Al-Muyasar Surat AZ-Zumar 61-65

AZ-ZUMAR : 61-

وَيُنَجِّي اللَّهُ الَّذِينَ اتَّقَوا بِمَفَازَتِهِمْ لَا يَمَسُّهُمُ السُّوءُ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

TERJEMAH :

Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa karena kemenangan mereka, mereka tiada disentuh oleh azab (neraka dan tidak pula) mereka berduka cita.

TAFSIR :

Dan Allah menyelamatkan dari Jahanam dan siksanya orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka dengan menjalankan apa-apa yang Dia wajibkan dan menjauhi apa-apa yang Dia larang. Mereka beruntung karena harapan mereka terwujud, yaitu harapan meraih surga. Di sana mereka tidak tersentuh adzab Jahanam sedikit pun. Mereka juga tidak bersedih atas kenikmatan-kenikmatan dunia yang luput dari mereka.

AZ-ZUMAR : 62-

اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيلٌ

TERJEMAH :

Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu.

TAFSIR :

Allah adalah Pencipta segala sesuatu seluruhnya, Rabb, Pemilik dan Pengaturnya. Dia Maha Menjaga segala sesuatu, mengatur segala urusan makhluk-Nya.

AZ-ZUMAR : 63-

لَهُ مَقَالِيدُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ اللَّهِ أُوْلَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

TERJEMAH :

Kepunyaan-Nyalah kunci-kunci (perbendaharaan) langit dan bumi. Dan orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi.

TAFSIR :

Hanya milik Allah kunci-kunci perbendaharaan langit dan bumi. Dia memberikan sebagian darinya kepada siapa yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya. Dan orang-orang yang mengingkari ayat-ayat al-Qur’an dan bukti-buktinya yang jelas yang terkandung di dalamnya, mereka adalah orang-orang yang benar-benar merugi di dunia dengan tidak dibimbing kepada iman. Dan di akhirat mereka di dalam neraka.

AZ-ZUMAR : 64-

قُلْ أَفَغَيْرَ اللَّهِ تَأْمُرُونِّي أَعْبُدُ أَيُّهَا الْجَاهِلُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Maka apakah kamu menyuruh aku menyembah selain Allah, hai orang-orang yang tidak berpengetahuan?”

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang musyrikin dari kaummu : Apakah kalian wahai orang-orang yang tidak mengetahui Allah memerintahkanku untuk menyembah selain Allah padahal hanya Dia satu-satunya yang berhak untuk disembah??

AZ-ZUMAR : 65-

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.

TAFSIR :

Sungguh telah diwahyukan kepadamu wahai Rasul dan kepada para Rasul sebelummu : Bila kamu mempersekutukan Allah dengan sesuatu, niscaya amalmu akan batal dan kamu benar-benar termasuk orang-orang yang celaka lagi merugi di dunia dan di akhiratmu. Karena tidak ada amal shalih yang diterimanya bersama syirik.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*