Tafsir Al-Muyasar Surat AZ-Zumar 56-60

AZ-ZUMAR : 56-

أَن تَقُولَ نَفْسٌ يَا حَسْرَتَى علَى مَا فَرَّطتُ فِي جَنبِ اللَّهِ وَإِن كُنتُ لَمِنَ السَّاخِرِينَ

TERJEMAH :

supaya jangan ada orang yang mengatakan: “Amat besar penyesalanku atas kelalaianku dalam (menunaikan kewajiban) terhadap Allah, sedang aku sesungguhnya termasuk orang- orang yang memperolok-olokkan (agama Allah ),

TAFSIR :

Taatilah Rabb kalian dan bertaubatlah kepada-Nya sehingga suatu jiwa tidak akan menyesal dengan berkata : Duhai, betapa ruginya aku karena dulu di dunia aku menyia-nyiakan kesempatan untuk mengamalkan apa yang Allah perintahkan, aku tidak menaati-Nya dan menunaikan hak-Nya. Dulu di dunia aku termasuk orang yang memperolok-olok perintah Allah, kitab-Nya, utusan-Nya dan orang-orang yang beriman.

AZ-ZUMAR : 57-

أَوْ تَقُولَ لَوْ أَنَّ اللَّهَ هَدَانِي لَكُنتُ مِنَ الْمُتَّقِينَ

TERJEMAH :

atau supaya jangan ada yang berkata: ‘Kalau sekiranya Allah memberi petunjuk kepadaku tentulah aku termasuk orang-orang yang bertakwa’.

TAFSIR :

Atau kamu akan berkata : Sekiranya Allah membimbingku kepada agama-Nya, niscaya aku termasuk orang-orang yang menjauhi syirik dan maksiat.

AZ-ZUMAR : 58-

أَوْ تَقُولَ حِينَ تَرَى الْعَذَابَ لَوْ أَنَّ لِي كَرَّةً فَأَكُونَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

TERJEMAH :

Atau supaya jangan ada yang berkata ketika ia melihat azab ‘Kalau sekiranya aku dapat kemnbali (ke dunia), niscaya aku akan termasuk orang-orang berbuat baik’.

TAFSIR :

Atau kamu berkata saat melihat adzab Allah telah mengelilingi di hari pembalasan : Seandainya aku memiliki kesempatan untuk kembali ke dunia, sehingga di sana aku akan menjadi orang-orang yang berbuat baik dengan menaati Rabb mereka dan mengamalkan apa yang diperintahkan oleh para Rasul kepada mereka.

AZ-ZUMAR : 59-

بَلَى قَدْ جَاءتْكَ آيَاتِي فَكَذَّبْتَ بِهَا وَاسْتَكْبَرْتَ وَكُنتَ مِنَ الْكَافِرِينَ

TERJEMAH :

(Bukan demikian) sebenarya telah datang keterangan- keterangan-Ku kepadamu lalu kamu mendustakannya dan kamu menyombongkan diri dan adalah kamu termasuk orang-orang yang kafir”.

TAFSIR :

Perkaranya tidak sebagaimana yang kamu katakan, karena ayat-ayat-Ku yang jelas yang menunjukkan kepada kebenaran telah datang kepadamu, lalu kamu mendustakannya. Kamu menyombonkan diri dengan tidak mau menerima dan mengikutinya, dan kamu termasuk orang-orang yang kafir kepada Allah dan para Rasul-Nya.

AZ-ZUMAR : 60-

وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ تَرَى الَّذِينَ كَذَبُواْ عَلَى اللَّهِ وُجُوهُهُم مُّسْوَدَّةٌ أَلَيْسَ فِي جَهَنَّمَ مَثْوًى لِّلْمُتَكَبِّرِينَ

TERJEMAH :

Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri?

TAFSIR :

Di Hari Kiamat, kamu akan melihat orang-orang yang mendustakan, yang mengatakan sesuatu tentang Rabb mereka yang tidak patut dengan keagungan-Nya, dan menisbahkan sekutu dan anak kepada-Nya, wajah-wajah mereka menghitam. Bukankah Jahanam adalah tempat kembali dan tempat tinggal bagi siapa yang menyombongkan diri di depan Allah, sehingga dia tidak berkenan untuk mentauhidkan dan menaati-Nya?? Benar.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*