Tafsir Al-Muyasar Surat AZ-Zumar 51-55

AZ-ZUMAR : 51-

فَأَصَابَهُمْ سَيِّئَاتُ مَا كَسَبُوا وَالَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْ هَؤُلَاء سَيُصِيبُهُمْ سَيِّئَاتُ مَا كَسَبُوا وَمَا هُم بِمُعْجِزِينَ

TERJEMAH :

Maka mereka ditimpa oleh akibat buruk dari apa yang mereka usahakan. Dan orang-orang yang zalim di antara mereka akan ditimpa akibat buruk dari usahanya dan mereka tidak dapat melepaskan diri.

TAFSIR :

Maka akibat buruk dari perbuatan buruk tersebut menimpa orang-orang yang mengucapkan perkataan tersebut dari kalangan umat-umat, kehinaan hidup di dunia menimpa mereka. Dan orang-orang zhalim dari kaummu (wahai Rasul) juga mengucapkan perkataan ini, maka mereka juga akan ditimpa akibat buruk dari buruknya perbuatan mereka, sebagaimana hal itu juga telah menimpa orang-orang sebelum mereka, dan mereka tidak akan bisa mencegah atau berlari dari Allah.

AZ-ZUMAR : 52-

أَوَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاء وَيَقْدِرُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Dan tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rezki dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendaki-Nya? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang beriman.

TAFSIR :

Apakah orang-orang itu tidak mengetahui bahwa rizki Allah kepada manusia bukan merupakan bukti kebaikan hidup pemiliknya, karena sesungguhnya Allah berdasarkan hikmah-Nya yang mendalam akan melapangkan rizki-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya, baik dia shalih atau thalih (durhaka) dan menyempitkannya atas siapa yang Dia kehendaki dari mereka?? Sesungguhnya dilapangkan dan disempitkannya rizki mengandung petunjuk yang jelas bagi kaum yang membenarkan perintah Allah dan mengamalkannya.

AZ-ZUMAR : 53-

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa [1315] semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

[1315] Dalam hubungan ini lihat suart (4) An Nisa ayat 48.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada hamba-hamba-Ku yang terbenam dalam kemaksiatan, dan melampaui batas atas diri mereka sendiri dengan melakukan dosa-dosa ajakan dari hawa nafsu mereka : Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah hanya karena banyaknya dosa kalian, karena sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa-dosa bagi siapa yang bertaubat darinya dan meninggalkannya sebanyak apa pun dosa-dosa itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun bagi dosa para hamba-Nya yang bertaubat kepada-Nya, lagi Maha Penyayang kepada mereka.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dengan sanad shahih dari Ibnu Abbas, ia berkata : Ayat 53 ini diturunkan kepada orang-orang musyrik Makkah.

AZ-ZUMAR : 54-

وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ

TERJEMAH :

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).

TAFSIR :

Kembalilah kalian (wahai manusia) kepada Rabb kalian dengan ketaatan dan taubat. Tunduklah kepada-Nya sebelum hukuman-Nya menimpa kalian, kemudian tidak ada yang bisa menolong kalian selain Allah.

AZ-ZUMAR : 55-

وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ العَذَابُ بَغْتَةً وَأَنتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

TERJEMAH :

Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu [1316] sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya,

[1316] Maksudnya: Al Quraan

TAFSIR :

Ikutilah apa yang terbaik yang diturunkan oleh Rabb kalian kepada kalian, yaitu al-Qur’an yang agung, semuanya adalah baik. Laksanakanlah perintah-perintah-Nya dan jauhilah larangan-larangan-Nya sebelum kalian ditimpa adzab yang dating secara tiba-tiba sedangkan kalian tidak menyadarinya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*