Tafsir Al-Muyasar Surat AZ-Zumar 46-50

AZ-ZUMAR : 46-

قُلِ اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِي مَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Wahai Allah, Pencipta langit dan bumi, Yang mengetahui barang ghaib dan yang nyata, Engkaulah Yang memutuskan antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang selalu mereka memperselisihkannya.”

TAFSIR :

Katakanlah : Ya Allah, Pencipta lanit dan bumi dan Pembuat keduanya tanpa contoh sebelumnya, yang mengetahui yang rahasia dan yang terbuka. Engkau menetapkan keputusan di antara hamba-hamba-Mu di Hari Kiamat dalam perkara-perkara yang mereka perselisihkan tentang perkataan terhadap-Mu, keagungan-Mu, kekuasaan-Mu, iman kepada-Mu dan kepada utusan-Mu. Bimbinglah aku kepada kebenaran dalam apa yang diperselisihkan, sesungguhnya Engkau membimbing siapa yang Engkau kehendaki ke jalan yang lurus. Ini termasuk doa Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dan ia mengandung pengajaran kepada para hamba agar bersandar hanya kepada Allah dan berdoa kepada-Nya dengan nama-nama-Nya yang sangat baik dan sifat-sifat-Nya yang Mahatinggi.

AZ-ZUMAR : 47-

وَلَوْ أَنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لَافْتَدَوْا بِهِ مِن سُوءِ الْعَذَابِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَبَدَا لَهُم مِّنَ اللَّهِ مَا لَمْ يَكُونُوا يَحْتَسِبُونَ

TERJEMAH :

Dan sekiranya orang-orang yang zalim mempunyai apa yang ada di bumi semuanya dan (ada pula) sebanyak itu besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu dari siksa yang buruk pada hari kiamat. Dan jelaslah bagi mereka azab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan.

TAFSIR :

Sekiranya orang-orang yang mempersekutukan Allah dengan sesuatu itu mempunyai segala kekayaan dan harta benda yang ada di bumi dan ditambah lagi yang semisal dengannya, niscaya di Hari Kiamat nanti mereka akan rela melepasnya untuk menebus buruknya siksa dari diri mereka. Sekiranya mereka memang hendak menebusnya, niscaya ia tetap tidak akan diterima. Semua itu tidak akan berguna sedikit pun bagi mereka di depan adzab Allah. Dan di hari itu mereka mengetahui keputusan dan adzab Allah yang tidak pernah mereka kira sebelumnya di dunia bahwa ia akan menimpa mereka.

AZ-ZUMAR : 48-

وَبَدَا لَهُمْ سَيِّئَاتُ مَا كَسَبُوا وَحَاقَ بِهِم مَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُون

TERJEMAH :

Dan (jelaslah) bagi mereka akibat buruk dari apa yang telah mereka perbuat dan mereka diliputi oleh pembalasan yang mereka dahulu selalu memperolok-olokkannya.

TAFSIR :

Orang-orang yang mendustakan hari pembalasan itu melihat balasan dari perbuatan buruk yang mereka kerjakan, di mana mereka menisbatkan sesuatu yang tidak patut kepada Allah, melakukan kemaksiatan-kemaksiatan dalam hidup mereka, sehingga siksa yang pedih mengepung mereka dari segala penjuru, sebagai hukuman atas mereka karena peremehan mereka terhadap peringatan siksa yang disampaikan oleh Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, dan mereka sama sekali tidak mempedulikannya.

AZ-ZUMAR : 49-

فَإِذَا مَسَّ الْإِنسَانَ ضُرٌّ دَعَانَا ثُمَّ إِذَا خَوَّلْنَاهُ نِعْمَةً مِّنَّا قَالَ إِنَّمَا أُوتِيتُهُ عَلَى عِلْمٍ بَلْ هِيَ فِتْنَةٌ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya ni’mat dari Kami ia berkata: “Sesungguhnya aku diberi ni’mat itu hanyalah karena kepintaranku”. Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui.

TAFSIR :

Bila manusia ditimpa kesulitan dan kesusahan, dia memohon kepada Rabbnya agar mengangkat darinya. Namun bila Kami telah mengangkatnya darinya dan menggantinya dengan kenikmatan dari Kami, maka dia akan kembali kafir kepada Rabbnya dan mengingkari karunia-Nya. Dia berkata : Sesungguhnya apa yang aku dapatkan ini karena Allah mengetahui bahwa aku memang layak dan berhak. Tidak demikian, sebaliknya ia adalah ujian dari Allah kepada hamba-hamba-Nya, agar Dia mengetahui siapa yang syukur dan siapa yang kufur dari mereka. Tapi kebanyakan dari mereka (karena kebodohan dan dugaan buruk mereka) tidak menyadari bahwa hal itu merupakan istidraj dari Allah bagi mereka, dan ujian dari-Nya untuk mensyukuri nikmat??

AZ-ZUMAR : 50-

قَدْ قَالَهَا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَمَا أَغْنَى عَنْهُم مَّا كَانُوا يَكْسِبُونَ

TERJEMAH :

Sungguh orang-orang yang sebelum mereka (juga) telah mengatakan itu pula, maka tiadalah berguna bagi mereka apa yang dahulu mereka usahakan.

TAFSIR :

Perkataan mereka ini telah diucapkan oleh orang-orang sebelum mereka dari kalangan umat-umat yang telah berlalu lagi mendustakan. Harta dan anak-anak yang mereka miliki tidak sedikit pun bisa membantu mereka saat adzab Allah datang kepada mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*