Tafsir Al-Muyasar Surat AZ-Zumar 36-40

AZ-ZUMAR : 36-

أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ وَيُخَوِّفُونَكَ بِالَّذِينَ مِن دُونِهِ وَمَن يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

TERJEMAH :

Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya. Dan mereka mempertakuti kamu dengan (sembahan-sembahan) yang selain Allah? Dan siapa yang disesatkan Allah maka tidak seorangpun pemberi petunjuk baginya.

TAFSIR :

Bukankah Allah telah menjaga hamba-Nya Muhammad صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dari tipu daya dan maker orang-orang musyrikin sehingga mereka tidak kuasa menimpakan keburukan atasnya?? Benar, sesungguhnya Allah akan mencukupkan untuknya perkara agama dan dunianya, membelanya dari siapa yang hendak bertindak buruk terhadapnya. Dan mereka (wahai Rasul) menakut-nakutimu dengan Illah-Illah mereka dimana mereka mengatakan bahwa ia akan menyakitimu. Barangsiapa yang dibiarkan oleh Allah lalu disesatkannya dari jalan kebenaran, maka dia tidak akan menemukan orang yang bias memberinya petunjuk.

Asbabun Nuzul :

Abdurrazzaq meriwayatkan dari Ma’mar, seorang laki-laki berkata kepadaku : Mereka berkata kepada Nabi صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, kamu harus berhenti mencela Illah-Illah kami atau kami akan meminta agar mereka mencelakakanmu. Maka turun ayat 36 ini.

AZ-ZUMAR : 37-

وَمَن يَهْدِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِن مُّضِلٍّ أَلَيْسَ اللَّهُ بِعَزِيزٍ ذِي انتِقَامٍ

TERJEMAH :

Dan barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorangpun yang dapat menyesatkannya. Bukankah Allah Maha Perkasa lagi mempunyai (kekuasaan untuk) mengazab?

TAFSIR :

Barangsiapa yang dibimbing oleh Allah kepada iman dan mengamalkan kitab-Nya dan mengikuti Rasul-Nya, maka tidak ada seorang pun yang bisa menyesatkannya dari jalan kebenaran yang telah dipijaknya. Bukankah Allah adalah Mahaperkasa dalam pembalasan-Nya dari orang-orang yang kafir kepada-Nya dan durhaka kepada-Nya??

AZ-ZUMAR : 38-

وَلَئِن سَأَلْتَهُم مَّنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ قُلْ أَفَرَأَيْتُم مَّا تَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ إِنْ أَرَادَنِيَ اللَّهُ بِضُرٍّ هَلْ هُنَّ كَاشِفَاتُ ضُرِّهِ أَوْ أَرَادَنِي بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكَاتُ رَحْمَتِهِ قُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ عَلَيْهِ يَتَوَكَّلُ الْمُتَوَكِّلُونَ

TERJEMAH :

Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?”, niscaya mereka menjawab: “Allah”. Katakanlah: “Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmatNya?. Katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku”. Kepada- Nyalah bertawakkal orang-orang yang berserah diri.

TAFSIR :

Bila kamu (wahai Rasul) bertanya kepada orang-orang musyrikin yang menyembah selain Allah : Siapa yang menciptakan langit dan bumi ini?? Niscaya mereka akan menjawab : Allah lah yang telah menciptakannya. Mereka mengakui Khalik. Maka katakanlah kepada mereka : Apakah ilah-ilah yang kalian persekutukan dengan Allah itu mampu menjauhkan dariku gangguan yang telah Allah takdirkan atasku, atau menghilangkan keburukan yang mengenaiku?? Apakah ia juga mampu menahan manfaat yang telah Allah mudahkan untukku atau mencegah rahmat Allah kepadaku?? Mereka pasti akan menjawab : Tidak mampu. Maka katakanlah kepada mereka : Allah yang mencukupkanku dan menjagaku, kepada Nya-lah orang-orang bersandar dalam mendatangkan kemaslahatan dan menolak kemudharatan. Allah yang menjamin akan menjagaku benar-benar akan mencukupiku. Dia akan mencukupiku dari segala perkara yang aku butuhkan.

AZ-ZUMAR : 39-

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَى مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Hai kaumku, bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, sesungguhnya aku akan bekerja (pula), maka kelak kamu akan mengetahui,

TAFSIR :

Katakanlah wahai Rasul kepada kaummu yang menentang : Beramallah sesuai dengan keadaan kalian yang kalian ridhai untuk diri kalian, di mana kalian menyembah sesuatu yang tidak berhak disembah dan tidak memiliki dari urusan hidup sedikit pun. Sementara aku juga menjalankan apa yang diperintahkan kepadaku, yaitu menghadapkan wajahku hanya kepada Allah semata dalam perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatanku. Kalian akan mengetahui,

AZ-ZUMAR : 40-

مَن يَأْتِيهِ عَذَابٌ يُخْزِيهِ وَيَحِلُّ عَلَيْهِ عَذَابٌ مُّقِيمٌ

TERJEMAH :

siapa yang akan mendapat siksa yang menghinakannya dan lagi ditimpa oleh azab yang kekal”.

TAFSIR :

Siapa yang akan didatangi oleh adzab yang menghinakannya di dunia, sedangkan di akhirat dia akan menerima siksa yang langgeng, tidak berakhir dan tidak berpindah darinya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*