Tafsir Al-Muyasar Surat AZ-Zumar 1-5

AZ-ZUMAR : 1

تَنزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ

TERJEMAH :

Kitab (Al Quran ini) diturunkan oleh Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Turunnya Al-Qur’an ini hanyalah dari Allah yang Mahaperkasa dalam kodrat-Nya dan pembalasan-Nya, Maha Bijaksana dalam pengaturan dan hukum-hukum-Nya.

AZ-ZUMAR : 2

إِنَّا أَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّينَ

TERJEMAH :

Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu wahai Rasul al-Qur’an yang mengajak kepada kebenaran dan keadilan. Maka sembahlah Allah semata dan ikhlaskanlah segala ketaatan kepada-Nya.

AZ-ZUMAR : 3

أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ أَوْلِيَاء مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

TERJEMAH :

Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.

TAFSIR :

TAFSIR :

Ketahuilah, hanya milik Allah semata segala ketaatan yang sempurna yang bebas dari syirik, Dan orang-orang yang mempersekutukan Allah dengan selain-Nya dan mengangkat sekutu-sekutu selain-Nya berkata : Kami tidak menyembah Illah-Ilah itu bersama Allah, kecuali agar ia memberi syafaat kepada kami di sisi Allah, dan mendekatkan kedudukan kami di sisi-Nya. Akibatnya mereka menjadi kafir karena itu, sebab ibadah dan syafaat hanya milik Allah semata. Sesungguhnya Allah menetapkan keputusan-Nya di antara orang-orang yang beriman yang ikhlas dengan orang-orang yang mempersekutukan Allah dengan selain-Nya di Hari Kiamat dalam perkara yang mereka perselisihkan terkait dengan ibadah mereka. Lalu Dia membalas masing-masing sesuai dengan haknya. Sesungguhnya Allah tidak membimbing siapa yang berdusta dengan nama-nama Allah lagi kafir kepada ayat-ayat dan hujjah-hujjah-Nya ke jalan yang lurus.

Asbabun Nuzul :

Juwaibir meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang ayat ini, dia berkata : Ia turun pada tiga kabilah : Nadhir, Kinanah, dan Bani Salimah, mereka menyembah berhala dan mereka berkata : Malaikat adalah anak perempuan-Nya, maka mereka berkata, kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.

AZ-ZUMAR : 4

لَوْ أَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَتَّخِذَ وَلَدًا لَّاصْطَفَى مِمَّا يَخْلُقُ مَا يَشَاء سُبْحَانَهُ هُوَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

TERJEMAH :

Kalau sekiranya Allah hendak mengambil anak, tentu Dia akan memilih apa yang dikehendaki-Nya di antara ciptaan-ciptaan yang telah diciptakan-Nya. Maha Suci Allah. Dialah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.

TAFSIR :

Sekiranya Allah hendak mengangkat seorang anak, niscaya Dia memilih siapa yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya. Mahasuci Allah lagi Mahatinggi dari kepemilikan terhadap anak, karena Dia Maha Esa, Tunggal di mana seluruh makhluk bergantung kepada-Nya, Mahaperkasa yang mengalahkan seluruh makhluk-Nya dengan kodrat-Nya. Segala sesuatu tunduk dan patuh kepada-Nya.

AZ-ZUMAR : 5

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى أَلَا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

TERJEMAH :

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

TAFSIR :

Allah menciptakan langit dan bumi serta apa yang ada pada keduanya dengan haq. Dia mendatangkan malam dan menjadikan siang pergi. Dia juga menjadikan siang tiba dan malam pun berangkat pergi. Allah menundukkan matahari dan rembulan dengan tatanan untuk kemaslahatan hamba-hamba-Nya. Masing-masing darinya beredar pada orbitnya sampai Hari Kiamat. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah yang melakukan semua itu dan Dia yang melimpahkan nikmat kepada makhluk-Nya dengan nikmat-nikmat ini, Dia Mahaperkasa atas makhluk-Nya, Maha Pengampun atas dosa-dosa hamba-Nya yang bertaubat kepada-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*