Tafsir Al-Muyasar Surat Az-Zukhruf Ayat 16-20

AZ-ZUKHRUF : 16-

أَمِ اتَّخَذَ مِمَّا يَخْلُقُ بَنَاتٍ وَأَصْفَاكُم بِالْبَنِينَ

TERJEMAH :

Patutkah Dia mengambil anak perempuan dari yang diciptakan-Nya dan Dia mengkhususkan buat kamu anak laki-laki.

TAFSIR :

Sebaliknya kalian (wahai orang-orang jahil) mengklaim bahwa Rabb kalian mengangkat anak perempuan dari makhluk-Nya, sedangkan kalian sendiri tidak mau menerimanya untuk diri kalian sendiri, lalu kalian memonopoli anak laki-laki dan menjadikannya hanya untuk kalian saja?? Ini merupakan pengingkaran terhadap mereka.

AZ-ZUKHRUF : 17-

وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِمَا ضَرَبَ لِلرَّحْمَنِ مَثَلًا ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ

TERJEMAH :

Padahal apabila salah seorang di antara mereka diberi kabar gembira dengan apa [1351] yang dijadikan sebagai misal bagi Allah Yang Maha Pemurah; jadilah mukanya hitam pekat sedang dia amat menahan sedih [1352].


[1351] Yang dimaksud dengan “apa” yang dijadikan sebagai misal bagi Allah ialah kelahiran anak perempuan.
[1352] Maksud ayat ini ialah bilamana dia diberi kabar tentang kelahiran anaknya yang perempuan, mukanya menjadi merah padam karena malu dan dia amat marah, padahal dia sendiri mengatakan bahwa Allah mempunyai anak perempuan.

TAFSIR :

Bila salah seorang dari mereka diberi kabar gembira kelahiran anak perempuan, padahal mereka menisbahkan anak perempuan kepada Allah saat mereka mengatakan bahwa malaikat adalah anak perempuan Allah, maka wajahnya menghitam karena berita gembira tersebut adalah berita duka, dia bersedih, dadanya sarat dengan kepedihan dan penyesalan. Bagaimana mereka bisa menisbahkan sesuatu kepada Allah padahal mereka sendiri tidak mau menerimanya untuk diri mereka?? Mahatinggi dan Mahasuci Allah dari apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir setinggi-tingginya.

AZ-ZUKHRUF : 18-

أَوَمَن يُنَشَّأُ فِي الْحِلْيَةِ وَهُوَ فِي الْخِصَامِ غَيْرُ مُبِينٍ

TERJEMAH :

Dan apakah patut (menjadi anak Allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan sedang dia tidak dapat memberi alasan yang terang dalam pertengkaran [1353].


[1353] Ayat ini menggambarkan keadaan wanita Arab waktu Al Qur’an diturunkan.

TAFSIR :

Apakah kalian berani menisbahkan kepada Allah seseorang yang terdidik dalam perhiasan, sedangkan dalam urusan berdebat dia tidak jelas hujjahnya karena dia tumbuh dalam perhiasan dan kenikmatan??

AZ-ZUKHRUF : 19-

وَجَعَلُوا الْمَلَائِكَةَ الَّذِينَ هُمْ عِبَادُ الرَّحْمَنِ إِنَاثًا أَشَهِدُوا خَلْقَهُمْ سَتُكْتَبُ شَهَادَتُهُمْ وَيُسْأَلُونَ

TERJEMAH :

Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaika-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggung-jawaban.

TAFSIR :

Orang-orang yang mempersekutukan Allah itu menjadikan para malaikat yang merupakan hamba-hamba Allah sebagai anak perempuan. Apakah mereka ikut hadir saat Allah menciptakan mereka sehingga mereka berani menetapkan bahwa mereka adalah perempuan?? Kesaksian mereka akan ditulis dan ditanyakan kepada mereka di akhirat.

AZ-ZUKHRUF : 20-

وَقَالُوا لَوْ شَاء الرَّحْمَنُ مَا عَبَدْنَاهُم مَّا لَهُم بِذَلِكَ مِنْ عِلْمٍ إِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ

TERJEMAH :

Dan mereka berkata: “Jikalau Allah Yang Maha Pemurah menghendaki tentulah kami tidak menyembah mereka (malaikat)”. Mereka tidak mempunyai pengetahuan sedikitpun tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga belaka.

TAFSIR :

Orang-orang musyrikin dari Quraisy itu berkata : Kalau Allah yang Maha Pengasih berkenan maka kami menyembah seseorang dari makhluk-Nya. Hujjah batil, Allah telah menegakkan hujjah atas manusia dengan mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab. Pengambilan hujjah mereka kepada qadha’ dan qadar termasuk kebatilan yang paling batil setelah adanya peringatan para rasul kepada mereka. Sejatinya mereka tidak memiliki ilmu tentang apa yang mereka katakan, akan tetapi mereka mengucapkannya hanya sebatas dugaan dan kebohongan, karena dalam hal ini mereka tidak memiliki bukti dan informasi dari Allah.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*