Tafsir Al-Muyasar Surat Az-Zukhruf Ayat 11-15

AZ-ZUKHRUF : 11-

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاء مَاء بِقَدَرٍ فَأَنشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَّيْتًا كَذَلِكَ تُخْرَجُونَ

TERJEMAH :

Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).

TAFSIR :

Dialah yang menurunkan hujan dari langit dengan takaran, tidak melebihi batas sehingga ia menenggelamkan, dan tidak pula terlalu sedikit sehingga tidak bisa menutupi hajat kebutuhan, sehingga ia menjadi kehidupan untuk kalian dan hewan-hewan kalian. Dengan hujan tersebut Kami menumbuhkan lahan yang luas dari bumi yang kosong dari tanaman. Sebagaimana Kami mengeluarkan pohon-pohon dan tanaman-tanaman dengan hujan yang Kami turunkan dari langit sehingga bumi yang mati itu menjadi hidup, maka demikianlah kalian akan dikeluarkan (wahai manusia) dari kubur kalian setelah kematian kalian.

AZ-ZUKHRUF : 12-

وَالَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ الْفُلْكِ وَالْأَنْعَامِ مَا تَرْكَبُونَ

TERJEMAH :

Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.

TAFSIR :

Allah yang menciptakan segala jenis hewan-hewan dan tumbuhan, Dia membuat bahtera-bahtera untuk kalian yang kalian naiki di lautan. Di antara hewan-hewan ternak seperti unta, kuda dan bighal serta keledai, ada yang kalian kendarai di daratan.

AZ-ZUKHRUF : 13-

لِتَسْتَوُوا عَلَى ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا سُبْحانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ

TERJEMAH :

Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat ni’mat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,

TAFSIR :

Agar kalian duduk di atas punggung hewan kendaraan kalian, kemudian kalian mengingat nikmat Rabb kalian bila kalian mengendarainya dan kalian mengucapkan : Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan ini bagi kami dan kami sendiri tidak mampu menundukkannya.

AZ-ZUKHRUF : 14-

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

TERJEMAH :

dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”.

TAFSIR :

Dan agar kalian mengucapkan : Sesungguhnya kami akan kembali dan berpulang kepada Rabb kami setelah kami mati. Ini menjelaskan hwa pemberi nikmat kepada manusia dengan berbagai bentuknya adalah Allaj yang berhak untuk disembah dalam kondisi apa pun.

AZ-ZUKHRUF : 15-

وَجَعَلُوا لَهُ مِنْ عِبَادِهِ جُزْءًا إِنَّ الْإِنسَانَ لَكَفُورٌ مُّبِينٌ

TERJEMAH :

Dan mereka menjadikan sebahagian dari hamba-hamba-Nya sebagai bahagian daripada-Nya [1350]. Sesungguhnya manusia itu benar-benar pengingkar yang nyata (terhadap rahmat Allah).


[1350] Maksudnya orang musyrikin mengatakan bahwa malaikat- malaikat itu adalah anak-anak perempuan Allah padahal malaikat itu sebahagian dari makhluk ciptaan-Nya.

TAFSIR :

Orang-orang musyrikin itu memberikan bagian kepada Allah dari makhluk-Nya, hal itu adalah ucapan mereka tentang malaikat : Anak-anak perempuan Allah. Sesungguhnya manusia adalah pengingkar terhadap nikmat-nikmat Rabbnya yang telah Dia limpahkan kepadanya, memperlihatkan pengingkaran dan kekufurannnya, menghitung musibah dan melupakan kenikmatan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*