Tafsir Al-Muyasar Surat Asy-Syu’araa 26-30

ASY-SYU’ARAA : 26-

قَالَ رَبُّكُمْ وَرَبُّ آبَائِكُمُ الْأَوَّلِينَ

TERJEMAH :

Musa berkata (pula): “Tuhan kamu dan Tuhan nenek-nenek moyang kamu yang dahulu”.

TAFSIR :

Musa menjawab : Rabb di mana saya mengajak kalian untuk menyembah-Nya adalah yang menciptakan kalian dan leluhur kalian terdahulu. Bagaimana kalian menyembah makhluk yang sama dengan kalian, dan mereka juga mempunyai leluhur yang telah tiada seperti leluhur kalian??

ASY-SYU’ARAA : 27-

قَالَ إِنَّ رَسُولَكُمُ الَّذِي أُرْسِلَ إِلَيْكُمْ لَمَجْنُونٌ

TERJEMAH :

Fir’aun berkata: “Sesungguhnya Rasulmu yang diutus kepada kamu sekalian benar-benar orang gila”.

TAFSIR :

Fir’aun berkata kepada para penasihatnya, menghasung kemarahan mereka karena ketidakpercayaan Musa kepadanya : Sesungguhnya utusan yang diutus kepada kalian benar-benar orang gila, dia berkata sesuatu yang tidak masuk akal!!

ASY-SYU’ARAA : 28-

قَالَ رَبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَمَا بَيْنَهُمَا إِن كُنتُمْ تَعْقِلُونَ

TERJEMAH :

Musa berkata: “Tuhan yang menguasai timur dan barat dan apa yang ada di antara keduanya: (Itulah Tuhanmu) jika kamu mempergunakan akal”.

TAFSIR :

Musa berkata : Dia adalah Rabb timur dan barat dan apa yang ada di antara keduanya dan apa yang terjadi pada keduanya berupa cahaya dan kegelapan, hal ini semestinya sudah cukup membuat kalian beriman kepada-Nya semata bila kalian memang  termasukorang-orang yang berakal dan merenungkan!!

ASY-SYU’ARAA : 29-

قَالَ لَئِنِ اتَّخَذْتَ إِلَهًا غَيْرِي لَأَجْعَلَنَّكَ مِنَ الْمَسْجُونِينَ

TERJEMAH :

Fir’aun berkata: “Sungguh jika kamu menyembah Tuhan selain aku, benar-benar aku akan menjadikan kamu salah seorang yang dipenjarakan”.

TAFSIR :

Fir’aun pun mengancam Musa dengan keras : Bila kamu masih mengangkat sembahan selain aku, maka aku pasti akan memenjarakanmu bersama orang-orang yang telah aku penjarakan.

ASY-SYU’ARAA : 30-

قَالَ أَوَلَوْ جِئْتُكَ بِشَيْءٍ مُّبِينٍ

TERJEMAH :

Musa berkata: “Dan apakah (kamu akan melakukan itu) kendatipun aku tunjukkan kepadamu sesuatu (keterangan) yang nyata ?”

TAFSIR :

Musa menjawab : Apakah kamu masih akan memenjarakanku sekalipun aku datang kepadamu membawa bukti yang pasti yang menunjukkan kebenaranku??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*