Tafsir Al-Muyasar Surat Asy-Syu’araa 186-190

ASY-SYU’ARAA : 186-

وَمَا أَنتَ إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُنَا وَإِن نَّظُنُّكَ لَمِنَ الْكَاذِبِينَ

TERJEMAH :

dan kamu tidak lain melainkan seorang manusia seperti kami, dan sesungguhnya kami yakin bahwa kamu benar-benar termasuk orang-orang yang berdusta.

TAFSIR :

Kamu hanyalah manusia biasa yang sama dengan kami, mana mungkin kamu memiliki keunggulan di atas kami dengan risalah?? Sesungguhnya besar persangkaan kami bahwa kamu termasuk orang-orang yang berdusta dalam risalah yang kamu akui.

ASY-SYU’ARAA : 187-

فَأَسْقِطْ عَلَيْنَا كِسَفًا مِّنَ السَّمَاء إِن كُنتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

TERJEMAH :

Maka jatuhkanlah atas kami gumpalan dari langit, jika kamu termasuk orang-orang yang benar.

TAFSIR :

Bila klaim kenabianmu itu benar, maka berdoalah kepada Allah agar Dia menurunkan sepenggal adzab dari langit yang membinasakan kami.

ASY-SYU’ARAA : 188-

قَالَ رَبِّي أَعْلَمُ بِمَا تَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

Syu’aib berkata: “Tuhanku lebih mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

TAFSIR :

Syu’aib menjawab : Rabbku lebih mengetahui kesyirikan dan kemaksiatan yang kalian lakukan, serta adzab yang akan menimpa kalian.

ASY-SYU’ARAA : 189-

فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَهُمْ عَذَابُ يَوْمِ الظُّلَّةِ إِنَّهُ كَانَ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ

TERJEMAH :

Kemudian mereka mendustakan Syu’aib, lalu mereka ditimpa ‘azab pada hari mereka dinaungi awan. Sesungguhnya azab itu adalah ‘azab hari yang besar.

TAFSIR :

Maka kaum Syu’aib terus mendustakannya, sehingga mereka diterjang hawa panas yang sangat. Mereka mencari tempat berlindung dari panas tersebut, mereka menemukan awan dan berlindung di bawahnya, mereka merasakan angin yang sejuk dan hawa yang dingin. Manakala mereka telah berkumpul di bawahnya, ia pun berubah menjadi api yang membakar mereka. Kebinasaan mereka seluruhnya terjadi di hari yang sangat menakutkan.

ASY-SYU’ARAA : 190-

إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً وَمَا كَانَ أَكْثَرُهُم مُّؤْمِنِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.

TAFSIR :

Sesungguhnya hukuman yang menimpa mereka mengandung petunjuk yang jelas atas kodrat Allah dalam membinasakan orang-orang yang mendustakan, sekaligus pelajaran bagi siapa yang mau mengambil pelajaran. Namun kebanyakan dari mereka justru tidak beriman, tidak mengambil pelajaran darinya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*