Tafsir Al-Muyasar Surat As-Sajdah 26-30

AS-SAJDAH : 26-

أَوَلَمْ يَهْدِ لَهُمْ كَمْ أَهْلَكْنَا مِن قَبْلِهِم مِّنَ الْقُرُونِ يَمْشُونَ فِي مَسَاكِنِهِمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ أَفَلَا يَسْمَعُونَ

TERJEMAH :

Dan apakah tidak menjadi petunjuk bagi mereka, berapa banyak umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan sedangkan mereka sendiri berjalan di tempat-tempat kediaman mereka itu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah). Maka apakah mereka tidak mendengarkan?

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang mendustakan Rasul itu belum mengetahui berapa banyak umat-umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan, berjalan di negeri mereka lalu menyaksikan dengan mata kepala mereka, seperti kaum Hud,Shalih dan Luth?? Sesungguhnya dalam hal itu terdapat tanda-tanda dan nasihat-nasihat yang membimbing kepada kebenaran para utusan Allah yang datang kepada mereka dan kebatilan syirik yang mereka perbuat. Apakah orang-orang yang mendustakan para Rasul itu tidak mendengarkan nasihat-nasihat dan hujjah-hujjah Allah lalu mengambil manfaat darinya??

AS-SAJDAH : 27-

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا نَسُوقُ الْمَاء إِلَى الْأَرْضِ الْجُرُزِ فَنُخْرِجُ بِهِ زَرْعًا تَأْكُلُ مِنْهُ أَنْعَامُهُمْ وَأَنفُسُهُمْ أَفَلَا يُبْصِرُونَ

TERJEMAH :

Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya Kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya makan hewan ternak mereka dan mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan?

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang tidak mempercayai kebangkitan setelah kematian itu tidak melihat bahwa Kami menggiring air ke bumi yang kering lagi keras yang tidak bertanaman, lalu Kami menumbuhkan tanaman dengan berbagai macam warna yang dimakan oleh ternak-ternak mereka,  dan mereka juga ikut memakannya sehingga mereka bisa hidup?? Apakah mereka tidak melihat nikmat-nikmat ini dengan mata mereka, lalu mereka pun akan mengetahui bahwa Allah yang melakukan hal itu mampu untuk menghidupkan manusia yang mati dan membangkitkan mereka dari alam kubur mereka.

AS-SAJDAH : 28-

وَيَقُولُونَ مَتَى هَذَا الْفَتْحُ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

TERJEMAH :

Dan mereka bertanya: “Bilakah kemenangan itu (datang) jika kamu memang orang-orang yang benar?”

TAFSIR :

Orang-orang yang mempersekutukan Allah itu meminta disegerakannya adzab, mereka berkata : Kapan keputusan yang menetapkan di antara kalian dengan kami untuk menyiksa kami menurut klaim kalian akan datang, bila kalian adalah orang-orang yang benar dalam klaim kalian.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Qatadah, para shahabat berkata : Kita punya suatu hari, padanya kita beristirahat dan menikmati. Maka orang-orang musyrik berkata sebagaimana ayat 28 ini.

AS-SAJDAH : 29-

قُلْ يَوْمَ الْفَتْحِ لَا يَنفَعُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِيمَانُهُمْ وَلَا هُمْ يُنظَرُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Pada hari kemenangan [1197] itu tidak berguna bagi orang-orang kafir, iman mereka dan tidak pula mereka diberi tangguh.”

[1197] Hari Kemenangan ialah Hari Kiamat, atau kemenangan dalam Perang Badar, atau penaklukan kota Makkah

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) mereka : di Hari keputusan dimana saat itu hukuman terhadap kalian akan menimpa kalian, saat itu kalian menyaksikan kematian, iman orang-orang kafir tidak berguna bagi mereka, mereka juga tidak diberi kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki.

AS-SAJDAH : 30-

فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَانتَظِرْ إِنَّهُم مُّنتَظِرُونَ

TERJEMAH :

Maka berpalinglah kamu dari mereka dan tunggulah, sesungguhnya mereka (juga) menunggu. [1198]

[1198] Nabi Muhammad r bersama orang-orang mu’min disuruh

TAFSIR :

Berpalinglah (wahai Rasul) dari orang-orang musyrikin itu, jangan menggubris pendustaan mereka. Lihatlah apa yang akan Allah lakukan terhadap mereka. Sesungguhnya mereka menunggu dan menanti lingkaran buruk menimpa kalian, tetapi Allah akan merendahkan dan menghinakan mereka serta memenangkanmu atas mereka. Dan Allah telah melakukan,  segala puji bagi-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*