Tafsir Al-Muyasar Surat Ar-Ruum 1-5

AR-RUUM : 1-

الم

TERJEMAH :

Alif Laam Miim [1161]

[1161] Lihat not.[10]

 TAFSIR :

Alif, Laam, Miim. Pembicaraan tentang huruf-huruf tenggelam telah hadir di awal surat al-Baqarah.

AR-RUUM : 2-

غُلِبَتِ الرُّومُ

TERJEMAH :

Telah dikalahkan bangsa Rumawi [1162],

[1162] Maksudnya: Rumawi Timur yang berpusat di Konstantinopel.

 TAFSIR :

Persia mengalahkan romawi di bagian negeri Syam yang paling dekat kepada Persia,

Asbabun Nuzul :

At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Said berkata : Pada hari Badar, orang-orang Romawi menang atas orang-orang Persia, maka orang-orang Mukmin menyukai itu, maka turun ayat 1-5 ini.

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Ibnu Syihab berkata : Kami mendengar bahwa orang-orang musyrik mendebat kaum muslimin pada saat mereka di Makkah sebelum Rasulullah صلی الله عليه وسلم  hadir, lalu mereka berkata : Orang-orang Romawi yang diketahui sebagai Ahli Kitab, mereka telah dikalahkan oleh orang-orang Majusi. Padahal kalian sendiri yang mengklaim bahwa kalian akan mengalahkan kami dengan kitab yang diturunkan kepada nabi kalian, maka bagaimana bisa orang-orang Majusi mengalahkan orang-orang Romawi yang Ahli Kitab?? Kalau begitu kami juga pasti akan mengalahkan kalian seperti orang-orang Persia mengalahkan orang-orang Romawi. Maka Allah menurunkan ayat 1 dan 2 ini.

AR-RUUM : 3-

فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُم مِّن بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ

TERJEMAH :

di negeri yang terdekat [1163] dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang [1164]

[1163] Maksudnya: terdekat ke negeri Arab yaitu Syria dan Palestina sewaktu menjadi jajahan kerajaan Rumawi Timur.
[1164] Bangsa Rumawi adalah satu bangsa yang beragama Nasrani yang mempunyai Kitab Suci sedang Bangsa Persia adalah beragama Majusi, menyembah api dan berhala (musyrik). Kedua bangsa itu saling perang memerangi. Ketika tersiar berita kekalahan bangsa Rumawi oleh bangsa Persia, maka kaum musyrik Mekah menyambutnya dengan gembira karena berpihak kepada orang musyrikin Persia. Sedang kaum muslimin berduka cita karenanya. Kemudian turunlah ayat ini dan ayat yang berikutnya menerangkan bahwa bangsa Rumawi sesudah kalah itu akan mendapat kemenangan dalam masa beberapa tahun saja. Hal itu benar-benar terjadi. Beberapa tahun sesudah itu menanglah bangsa Rumawi dan kalahlah bangsa Persia. Dengan kejadian yang demikian nyatalah kebenaran Nabi Muhammad r sebagai Nabi dan Rasul dan kebenaran Al Qur’an sebagai firman Allah.

 TAFSIR :

Namun Romawi akan kembali mengalahkan Persia dalam beberapa waktu,

AR-RUUM : 4-

فِي بِضْعِ سِنِينَ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِن قَبْلُ وَمِن بَعْدُ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

dalam beberapa tahun lagi [1165]. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman,

[1165] Ialah antara tiga sampai sembilan tahun. Waktu antara kekalahan bangsa Rumawi (tahun 614-615) dengan kemenangannya (tahun 622 M.) bangsa Rumawi adalah kira-kira tujuh tahun.

 TAFSIR :

tidak lebih dari sepuluh tahun dan tidak kurang dari tiga tahun. Hanya milik Allah segala urusan sebelum dan sesudah kemenangan orang-orang Romawi. Di hari di mana Romawi kembali menang atas Persia, orang-orang Mukmin berbahagia dengan kemenangan yang diberikan Allah kepada Romawi.

AR-RUUM : 5-

بِنَصْرِ اللَّهِ يَنصُرُ مَن يَشَاء وَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ

TERJEMAH :

Karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendakiNya. Dan Dialah Maha Perkasa lagi Penyayang.

 TAFSIR :

Allah memberikan kemenangan kepada siapa yang Dia kehendaki dan merendahkan siapa yang Dia kehendaki. Dia Mahaperkasa yang tidak bisa dikalahkan dan Maha Penyayang kepada siapa yang Dia kehendaki. Hal ini terwujud, Romawi bisa mengalahkan Persia setelah tujuh tahun dan kaum muslimin berbahagia karena itu, karena Romawi adalah ahli kitab sekalipun mereka telah menyelewengkannya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*