Tafsir Al-Muyasar Surat An-Naml 51-55

AN-NAML : 51-

فَانظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ مَكْرِهِمْ أَنَّا دَمَّرْنَاهُمْ وَقَوْمَهُمْ أَجْمَعِينَ

TERJEMAH :

Maka perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya.

TAFSIR :

Maka lihatlah (wahai Rasul) dengan penglihatan untuk mengambil pelajaran akibat dari pengkhianatan orang-orang tersebut kepada Nabi mereka Shalih. Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya.

AN-NAML : 52-

فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ خَاوِيَةً بِمَا ظَلَمُوا إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu (terdapat) pelajaran bagi kaum yang mengetahui.

TAFSIR :

Itu adalah negeri mereka yang kosong, tidak tersisa seorang pun. Allah membinasakan mereka semua disebabkan oleh kezhaliman mereka terhadap diri mereka sendiri dengan kesyirikan dan pendustaan kepada Nabi mereka. Sesungguhnya di balik pembinasaan dan penghancuran tersebut terdapat nasihat bagi kaum yang mengetahui apa yang Kami lakukan terhadap mereka. Ini adalah Sunnah Kami terhadap siapa yang mendustakan para Rasul.

AN-NAML : 53-

وَأَنجَيْنَا الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

TERJEMAH :

Dan telah Kami selamatkan orang-orang yang beriman [1101] dan mereka itu selalu bertakwa.

[1101] Yaitu Shaleh u dan orang-orang yang beriman kepada Allah yang bersama dengan dia.

TAFSIR :

Kami menyelamatkan Shalih dan orang-orang yang beriman kepadanya, yang berlindung dengan iman mereka dari adzab Allah dari apa yang menimpa Tsamud.

AN-NAML : 54-

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ وَأَنتُمْ تُبْصِرُونَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah kisah) Luth, ketika dia berkata kepada kaumnya: “Mengapa kamu mengerjakan perbuatan fahisyah [1102] itu sedang kamu memperlihatkan(nya)?”

[1102] Lihat not 275.

TAFSIR :

Ingatlah Luth saat dia berkata kepada kaumnya : Apakah kalian melakukan perbuatan yang sangat-sangat buruk sedangkan kalian menyadari bahwa ia sangat buruk??

AN-NAML : 55-

أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً مِّن دُونِ النِّسَاء بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ

TERJEMAH :

“Mengapa kamu mendatangi laki-laki untuk (memenuhi) nafsu (mu), bukan (mendatangi) wanita? Sebenarnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (akibat perbuatanmu)”.

TAFSIR :

Kalian mendatangi kaum laki-laki dan meninggalkan kaum wanita. Kalian adalah orang-orang yang jahil terhadap hak Allah atas kalian, maka dengan itu kalian menyelisihi perintah-Nya. Kalian mendurhakai utusan-Nya dengan perbuatan buruk kalian, di mana sebelum kalian, tidak ada seorang pun yang melakukannya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*