Tafsir Al-Muyasar Surat An-Nahl 21-30

AN NAHL : 21

أَمْواتٌ غَيْرُ أَحْيَاء وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ

 
Terjemah :
(Berhala-berhala itu) benda mati tidak hidup, dan berhala-berhala tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan. Ketakaburan menjadikan seseorang ingkar kepada kebenaran.

 
Tafsir :
Mereka semua (berhala-berhala itu) adalah benda mati yang tidak memiliki kehidupan dan tidak mengetahui kapan para penyembahnya akan dibangkitkan oleh Allah. Berhala-berhala itu akan dilemparkan bersama mereka semuanya ke dalam neraka pada Hari Kiamat.

AN NAHL : 22

إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَالَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِالآخِرَةِ قُلُوبُهُم مُّنكِرَةٌ وَهُم مُّسْتَكْبِرُونَ

 
Terjemah :
Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.

 
Tafsir :
Sembahan kalian yang berhak disembah satu-satunya ialah Allah, Illah Yang Maha Esa. Orang-orang yang tidak beriman kepada kebangkitan itu hati mereka ingkar terhadap keesaan-Nya, karena mereka tidak takut terhadap adzab-Nya, sedangkan mereka adalah orang-orang yang menolak menerima kebenaran dan menyembah Allah semata.

AN NAHL : 23

لاَ جَرَمَ أَنَّ اللّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

 
Terjemah :
Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.

 
Tafsir :
Sungguh Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan berupa keyakinan, perkataan dan perbuatan, serta apa yang mereka nampakkan darinya. Kelak Dia akan membalas mereka atas hal itu. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang sombong dari beribadah kepada-Nya dan mematuhi-Nya, serta Dia akan membalas mereka akan perbuatan tersebut.

AN NAHL : 24

وَإِذَا قِيلَ لَهُم مَّاذَا أَنزَلَ رَبُّكُمْ قَالُواْ أَسَاطِيرُ الأَوَّلِينَ

 
Terjemah :
Dan apabila dikatakan kepada mereka “Apakah yang telah diturunkan Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Dongeng-dongengan orang-orang dahulu”,

 
Tafsir :
Apabila orang-orang musyrik itu ditanya tentang apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad صلی الله عليه وسلم , maka mereka menjawab dengan dusta : Ia hanyalah membawa kisah-kisah dan dongeng-dongeng orang-orang terdahulu.

AN NAHL : 25

لِيَحْمِلُواْ أَوْزَارَهُمْ كَامِلَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمِنْ أَوْزَارِ الَّذِينَ يُضِلُّونَهُم بِغَيْرِ عِلْمٍ أَلاَ سَاء مَا يَزِرُونَ

 
Terjemah :
(ucapan mereka) menyebabkan mereka memikul dosa-dosanya dengan sepenuh-penuhnya pada hari kiamat, dan sebahagian dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan). Ingatlah, amat buruklah dosa yang mereka pikul itu.

 
Tafsir :
Kelak kesudahan mereka adalah memikul dosa-dosa mereka sendiri dengan sempurna pada Hari Kiamat (tidak diampuni sedikit pun dosa mereka) dan mereka juga memikul dosa-dosa orang-orang yang mereka bohingi untuk menjauhkan mereka dari Islam, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun. Betapa buruknya dosa-dosa yang mereka pikul itu.

AN NAHL : 26

قَدْ مَكَرَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَأَتَى اللّهُ بُنْيَانَهُم مِّنَ الْقَوَاعِدِ فَخَرَّ عَلَيْهِمُ السَّقْفُ مِن فَوْقِهِمْ وَأَتَاهُمُ الْعَذَابُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَشْعُرُونَ

 
Terjemah :
Sesungguhnya orang-orang yang sebelum mereka telah mengadakan makar, maka Allah menghancurkan rumah-rumah mereka dari fondasinya, lalu atap (rumah itu) jatuh menimpa mereka dari atas, dan datanglah azab itu kepada mereka dari tempat yang tidak mereka sadari.

 
Tafsir :
Sesungguhnya orang-orang kafir sebelum orang-orang musyrik itu telah merencanakan tipu daya terhadap Rasul-rasul mereka, dan dakwah kebenaran yang mereka bawa. Maka, datanglah adzab Allah yang menghancurkan bangunan rumah mereka dari asas dan pilar-pilarnya, lalu atap-atap rumah menimpa mereka dari atas mereka. Dan kebinasaan datang kepada mereka dari tempat yang mereka anggap paling aman, dari arah yang tidak mereka sangka-sangka dan tidak mereka duga bahwa kebinasaan akan datang kepadad mereka darinya.

AN NAHL : 27

ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُخْزِيهِمْ وَيَقُولُ أَيْنَ شُرَكَآئِيَ الَّذِينَ كُنتُمْ تُشَاقُّونَ فِيهِمْ قَالَ الَّذِينَ أُوتُواْ الْعِلْمَ إِنَّ الْخِزْيَ ا

 

Terjemah :
Kemudian Allah menghinakan mereka di hari kiamat, dan berfirman: “Di manakah sekutu-sekutu-Ku itu (yang karena membelanya) kamu selalu memusuhi mereka (nabi-nabi dan orang-orang mukmin) ?” Berkatalah orang-orang yang telah diberi ilmu: [821] “Sesungguhnya kehinaan dan azab hari ini ditimpakan atas orang-orang yang kafir”,
________________________________________
[821] Yang dimaksud dengan orang-orang yang diberi ilmu ialah : para malaikat, nabi-nabi dan orang-orang mukmin.

 

Tafsir :
Kemudian pada Hari Kiamat Allah menghinakan mereka dengan adzab, dan mengaakan : Dimanakah sekutu-sekutu-Ku, yaitu tuhan-tuhan yang kalian sembah selain-Ku, agar mereka menghalangi kalian dari adzab-Ku, sedangkan kalian memerangi dan memusuhi para Nabi dan orang-orang Mukmin demi sekutu-sekutu itu??

Para ulama Rabbani mengatakan : Kehinaan dan adzab pada hari itu diperuntukkan bagi orang-orang yang kafir kepada Allah dan para Rasul-Nya.

AN NAHL : 28

الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلائِكَةُ ظَالِمِي أَنفُسِهِمْ فَأَلْقَوُاْ السَّلَمَ مَا كُنَّا نَعْمَلُ مِن سُوءٍ بَلَى إِنَّ اللّهَ عَلِيمٌ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

 
Terjemah :
(yaitu) orang-orang yang dimatikan oleh para malaikat dalam keadaan berbuat zalim kepada diri mereka sendiri, lalu mereka menyerah diri (sambil berkata); “Kami sekali-kali tidak ada mengerjakan sesuatu kejahatanpun”. (Malaikat menjawab): “Ada, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang telah kamu kerjakan”.

 
Tafsir :
Yaitu orang-orang yang nyawa mereka dicabut malaikat dalam keadaan mereka menzhalimi diri mereka dengan kekafiran. Mereka berserah diri terhadap putusan Allah, ketika mereka melihat kematian, dan mereka mengingkari sembahan-sembahan yang dulu mereka sembah selain Allah, serta mereka mengatakan : Kami tidak melakukan sedikit pun kemaksiatan. Dikatakan kepada mereka : Kalian berdusta, sungguh kalian dulu melakukannya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui semua perbuatan kalian, dan Dia akan membalas kalian atas perbuatan tersebut.

AN NAHL : 29

فَادْخُلُواْ أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا فَلَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ

 
Terjemah :
Maka masukilah pintu-pintu neraka Jahannam, kamu kekal di dalamnya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu.

 
Tafsir :
Maka masukilah pintu-pintu Jahanam, kalian tidak akan keluar darinya selamanya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menolak beriman kepada Allah dan beribadah kepada-Nya semata serta menaati-Nya.

AN NAHL : 30

وَقِيلَ لِلَّذِينَ اتَّقَوْاْ مَاذَا أَنزَلَ رَبُّكُمْ قَالُواْ خَيْرًا لِّلَّذِينَ أَحْسَنُواْ فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ وَلَدَارُ الآخِرَةِ خَيْرٌ وَلَنِعْمَ دَارُ الْمُتَّقِينَ

 
Terjemah :
Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa,

 
Tafsir :
Ketika ditanyakan kepada orang-orang beriman lagi takut kepada Allah : Apakah yang telah diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad صلی الله عليه وسلم?? Mereka menjawab : Allah telah menurunkan kebaikan dan petunjuk kepadanya. Orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya di dunia ini dan mengajak para hamba Allah supaya beriman dan beramal shalih, mendapatkan anugerah yang besar berupa pertolongan di dunia dan keluasan rizki. Sementara di negeri akhirat kelak, sungguh mereka mendapatkan kebaikan yang lebih besar daripada kebaikan yang mereka peroleh di dunia. Sungguh sebaik-baik tempat bagi orang-orang yang takut kepada Allah di dunia, lalu mereka takut terhadap siksa-Nya dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban yang diperintahkan-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, ialah negeri akhirat.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*