Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Qashash 71-75

AL-QASHASH : 71-

قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ اللَّيْلَ سَرْمَدًا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُم بِضِيَاء أَفَلَا تَسْمَعُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?”

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) : Kabarkan kepadaku (wahai manusia), bila Allah menjadikan malam untuk kalian selama-lamanya sampai Hari Kiamat, siapa Illah selain Allah yang akan menghadirkan cahaya yang bisa kalian manfaatkan?? Megapa kalian tiidak mau mendengar dengan pendengaran orang yang memahami dan menerima??

AL-QASHASH : 72-

قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ النَّهَارَ سَرْمَدًا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُم بِلَيْلٍ تَسْكُنُونَ فِيهِ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

TAFSIR :

Katakanlah kepada mereka : Kabarkan kepadaku, bila Allah menjadikan siang untuk kalian selama-lamanya sampai Hari Kiamat, siapa Illah selain Allah yang akan mendatangkan malam sehingga kalian bisa beristirahat di dalamnya?? Apakah kalian tidak memandang dengan penglihatan kalian perbedaan siang dan malam??

AL-QASHASH : 73-

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

TERJEMAH :

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

TAFSIR :

Di antara rahmat Allah kepada kalian (wahai manusia), Dia menjadikan malam dan siang untuk kalian berbeda satu dengan yang lainnya. Dia menjadikan malam gelap gulita agar kalian bisa beristirahat dan tidur padanya. Dan Dia menjadikan siang terang benderang sehingga kalian bisa mencari penghidupan kalian. Bersyukurlah kalian kepada Allah atas nikmat-nikmat-Nya kepada kalian dengan itu.

AL-QASHASH : 74-

وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ فَيَقُولُ أَيْنَ شُرَكَائِيَ الَّذِينَ كُنتُمْ تَزْعُمُونَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: “Di manakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan?”

TAFSIR :

Pada hari di mana Allah berfirman kepada orang-orang musyrikin, dia berfirman kepada mereka :  Mana sekutu-sekutu kalian yang dulu di dunia kalian anggap sebagai sekutu-sekutu bagi-Ku??

AL-QASHASH : 75-

وَنَزَعْنَا مِن كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا فَقُلْنَا هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ فَعَلِمُوا أَنَّ الْحَقَّ لِلَّهِ وَضَلَّ عَنْهُم مَّا كَانُوا يَفْتَرُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami datangkan dari tiap-tiap umat seorang saksi[1137], lalu Kami berkata “Tunjukkanlah bukti kebenaranmu”, maka tahulah mereka bahwasanya yang hak itu[1138] kepunyaan Allah dan lenyaplah dari mereka apa yang dahulunya mereka ada-adakan.

[1137] Yang dimaksud: saksi di sini ialah rasul yang telah diutus kepada mereka waktu di dunia.
[1138] Maksudnya: di waktu itu yakinlah mereka, bahwa apa yang telah diterangkan Allah dengan perantaraan rasul-Nya itulah yang benar.

TAFSIR :

Dan Kami mengambil dari setiap umat dari umat-umat yang mendustakan seorang saksi, yaitu Nabi mereka yang bersaksi atas apa yang terjadi di dunia, berupa kesyirikan mereka dan pendustaan mereka kepada utusan-utusan mereka. Maka Kami berfirman kepada umat-umat yang mendustakan utusan-utusannya dan apa yang mereka bawa dari sisi Allah : Berikanlah hujjah kalian atas apa yang kalian persekutukan dengan Allah. Maka saat itu mereka mengetahui bahwa hujjah yang mendalam adalah milik Allah atas mereka. Apa yang mereka buat-buat atas nama Rabb mereka telah sirna, tidak bermanfaat bagi mereka. Sebaliknya ia malah merugikan mereka dan menjerumuskan mereka ke dalam api Neraka Jahanam.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*