Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Qashash 66-70

AL-QASHASH : 66-

فَعَمِيَتْ عَلَيْهِمُ الْأَنبَاء يَوْمَئِذٍ فَهُمْ لَا يَتَسَاءلُونَ

TERJEMAH :

Maka gelaplah bagi mereka segala macam alasan pada hari itu, karena itu mereka tidak saling tanya menanya.

TAFSIR :

Maka mereka tidak bisa menyodorkan hujjah, mereka tidak mengetahui apa yang mereka akan katakana. Mereka pun tidak bisa saling bertanya kepada yang lain Karena tidak ada lagi harapan untuk mendapatkan jawaban.

AL-QASHASH : 67-

فَأَمَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَعَسَى أَن يَكُونَ مِنَ الْمُفْلِحِينَ

TERJEMAH :

Adapun orang yang bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung.

TAFSIR :

Adapun orang-orang musyrikin yang bertaubat, mengikhlaskan ibadah kepada Allah, menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya, maka dia termasuk orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

AL-QASHASH : 68-

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاء وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

TERJEMAH :

Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka[1135]. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).

[1135] Bila Allah telah menentukan sesuatu, maka manusia tidak dapat memilih yang lain lagi dan harus menaati dan menerima apa yang telah ditetapkan Allah.

TAFSIR :

Dan Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki untuk diciptakan, memilih dari hamba-hamba-Nya untuk diangkat sebagai wali-wali-Nya. Tidak seorang pun memiliki hak dan kesempatan untuk memilih sedikit pun, Karena semua itu kembali kepada Allah semata. Mahatinggi dan Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

AL-QASHASH : 69-

وَرَبُّكَ يَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُورُهُمْ وَمَا يُعْلِنُونَ

TERJEMAH :

Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan.

TAFSIR :

Dan Rabbmu mengetahui apa yang tersembunyi dalam dada makhluk-Nya dana pa yang mereka nampakkan.

AL-QASHASH : 70-

وَهُوَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ لَهُ الْحَمْدُ فِي الْأُولَى وَالْآخِرَةِ وَلَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala penentuan dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan[1136].

[1136] Maksudnya: Allah sendirilah yang menentukan segala sesuatu dan ketentuan-ketentuan itu pasti berlaku dan Dia pulalah yang mempunyai kekuasaan yang mutlak.

TAFSIR :

Dia-lah Allah, yang tiada sesembahan yang haq selain Allah. Bagi-Nya sanjungan yang baik dan syukur di dunia dan di akhirat. Dia-lah pemegang hukum di antara makhluk-Nya. Kepada-Nya-lah kalian dipulangkan setelah kalian mati unuk menghadapi hisab dan pembalasan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*