Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Qashash 61-65

AL-QASHASH : 61-

أَفَمَن وَعَدْنَاهُ وَعْدًا حَسَنًا فَهُوَ لَاقِيهِ كَمَن مَّتَّعْنَاهُ مَتَاعَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ثُمَّ هُوَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنَ الْمُحْضَرِينَ

TERJEMAH :

Maka apakah orang yang Kami janjikan kepadanya suatu janji yang baik (surga) lalu ia memperolehnya, sama dengan orang yang Kami berikan kepadanya keni’matan hidup duniawi[1132]; kemudian dia pada hari kia- mat termasuk orang-orang yang diseret (ke dalam neraka)?

[1132] Maksudnya: orang yang diberi keni’matan hidup duniawi, tetapi tidak dipergunakannya untuk mencari kebahagiaan hidup di akhirat, karena itu dia di akhirat diseret ke dalam neraka.

TAFSIR :

Apakah orang yang Kami janjikan kepadanya dengan surga atas ketaatannya, lalu dia mendapatkan dan merengkuh janji tersebut, sama dengan orang yang Kami berik kenikmatan dunia lalu dia pun menikmatinya, dia lebih mementingkan kesenangan dunia di atas akhirat, kemudian di Hari Kiamat dia termasuk orang-orang yang dihadirkan untuk dihisab dan mendapatkan balasan?? Kedua kubu tersebut tidaklah sama. Maka hendaknya orang yang berakal memilih untuk dirinya apa yang lebih patut untuk dipilih, yaitu menaati Allah dan mencari ridha-Nya.

AL-QASHASH : 62-

وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ فَيَقُولُ أَيْنَ شُرَكَائِيَ الَّذِينَ كُنتُمْ تَزْعُمُونَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: “Di manakah sekutu-kutu-Ku yang dahulu kamu katakan?”

TAFSIR :

Di hari di mana Allah memanggil orang-orang yang mempersekutukan-Nya dengan para wali dan berhala-berhala di dunia. Dia berfirman kepada mereka : Di mana sekutu-sekutu kalian yang kalian akui bahwa mereka sebagai sekutu-sekutu bagi-Ku??

AL-QASHASH : 63-

قَالَ الَّذِينَ حَقَّ عَلَيْهِمُ الْقَوْلُ رَبَّنَا هَؤُلَاء الَّذِينَ أَغْوَيْنَا أَغْوَيْنَاهُمْ كَمَا غَوَيْنَا تَبَرَّأْنَا إِلَيْكَ مَا كَانُوا إِيَّانَا يَعْبُدُونَ

TERJEMAH :

Berkatalah orang-orang yang telah tetap hukuman atas mereka[1133]; “Ya Tuhan kami, mereka inilah orang-orang yang kami sesatkan itu; kami telah menyesatkan mereka sebagaimana kami (sendiri) sesat[1134], kami menyatakan berlepas diri (dari mereka) kepada Engkau, mereka sekali-kali tidak menyembah kami”.

[1133] Maksudnya: mereka yang disekutukan dengan Allah.
[1134] Yang dikatakan sekutu Allah itu berkata bahwa mereka menyesatkan pengikut-pengikutnya adalah dengan kemauan pengikut-pengikut itu sendiri, bukan karena paksaan dari pihak mereka, sebagaimana mereka sendiri sesat adalah dengan kemauan mereka pula.

TAFSIR :

Orang-orang yang berhak mendapatkan adzab, yaitu para penyeru kepada kekufuran berkata : Wahai Rabb kami, mereka itulah orang-orang yang telah kami sesatkan, kami menyesatkan mereka sebagaimana kami telah sesat. Kami berlepas diri kepada-Mu dari kecintaan dan dukungan kepada mereka. Mereka tidak menyembah kami akan tetapi mereka menyembah setan-setan.

AL-QASHASH : 64-

وَقِيلَ ادْعُوا شُرَكَاءكُمْ فَدَعَوْهُمْ فَلَمْ يَسْتَجِيبُوا لَهُمْ وَرَأَوُا الْعَذَابَ لَوْ أَنَّهُمْ كَانُوا يَهْتَدُونَ

TERJEMAH :

Dikatakan (kepada mereka) “Serulah olehmu sekutu-sekutu kamu”, lalu mereka menyerunya, maka sekutu-sekutu itu tidak memperkenankan (seruan) mereka, dan mereka melihat azab. (Mereka ketika itu berke- inginan) kiranya mereka dahulu menerima petunjuk.

TAFSIR :

Kepada orang-orang yang menyekutukan Allah di Hari Kiamat dikatakan : Panggillah sekutu-sekutu kalian yang dulu kalian sembah selain Allah. Maka merekapun memanggil mereka, namun mereka semua tidak menjawab panggilan tersebut, dan mereka menyaksikan siksa. Seandainya di dunia mereka adalah orang-orang yang mendapatkan petunjuk kepada kebenaran, niscaya mereka tidak akan diadzab.

AL-QASHASH : 65-

وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ فَيَقُولُ مَاذَا أَجَبْتُمُ الْمُرْسَلِينَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: “Apakah jawabanmu kepada para rasul?”

TAFSIR :

Pada hari di mana Allah memanggil orang-orang musyrikin, dia berfirman : Apa jawaban kalian terhadap seruan para rasul dalam apa yang Kami utus mereka dengannya kepada kalian??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*