Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Qashash 41-45

AL-QASHASH : 41-

وَجَعَلْنَاهُمْ أَئِمَّةً يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يُنصَرُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami jadikan mereka pemimpin-pemimpin yang menyeru (manusia) ke neraka dan pada hari kiamat mereka tidak akan ditolong.

TAFSIR :

Dan Kami menjadikan Fir’aun dan kaumnya sebagai pemimpin ke neraka, orang-orang kafir dan pelaku kefasikan meneladani mereka, dan di Hari Kiamat mereka tidak ditolong. Hal itu karena kekufuran mereka dan pendustaan mereka terhadap utusan Rabb mereka dan kekukuhan mereka di atas itu.

AL-QASHASH : 42-

وَأَتْبَعْنَاهُمْ فِي هَذِهِ الدُّنْيَا لَعْنَةً وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ هُم مِّنَ الْمَقْبُوحِينَ

TERJEMAH :

Dan Kami ikutkanlah la’nat kepada mereka di dunia ini; dan pada hari kiamat mereka termasuk orang-orang yang dijauhkan (dari rahmat Allah).

TAFSIR :

Di dunia ini Kami menimpakan kehinaan kepada Fir’aun dan kaumnya dan kemurkaan dari Kami kepada mereka. Sedangkan di Hari kiamat mereka termasuk orang-orang yang buruk perbuatannya, yang dijauhkan dari rahmat Allah.

AL-QASHASH : 43-

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ مِن بَعْدِ مَا أَهْلَكْنَا الْقُرُونَ الْأُولَى بَصَائِرَ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لَّعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) sesudah Kami binasakan generasi-generasi yang terdahulu, untuk menjadi pelita bagi manusia dan petunjuk dan rahmat, agar mereka ingat.

TAFSIR :

Sungguh Kami telah memberi Musa Taurat setelah Kami membinasakan umat-umat sebelumnya, seperti kaum Nuh, ‘Ad, Tsamud, kaum Luth dan orang-orang Madyan. Taurat sebagai penerang jalan Bani Israil, dengannya mereka melihat apa yang bermanfaat bagi mereka dan apa yang merugikan. Di dalamnya terdapat rahmat bagi siapa yang mengamalkannya dari mereka. Semoga mereka mengingat nikmat-nikmat Allah kepada mereka lalu mereka mensyukurinya dan tidak mengkufurinya.

AL-QASHASH : 44-

وَمَا كُنتَ بِجَانِبِ الْغَرْبِيِّ إِذْ قَضَيْنَا إِلَى مُوسَى الْأَمْرَ وَمَا كُنتَ مِنَ الشَّاهِدِينَ

TERJEMAH :

Dan tidaklah kamu (Muhammad) berada di sisi yang sebelah barat[1126] ketika Kami menyampaikan perintah kepada Musa, dan tiada pula kamu termasuk orang-orang yang menyaksikan.

[1126] Maksudnya: di sebelah barat lembah suci “Thuwa”; lihat surat (20) Thaha ayat 12.

TAFSIR :

Kamu wahai Rasul tidak berada di sebelah barat gunung di mana Musa berada dan Kami menetapkan perintah dan larangan kepadanya, kamu tidak termasuk orang-orang yang menyaksikan hal itu, sehingga dikatakan bahwa berita ini sampai kepadamu dari jalan ini.

AL-QASHASH : 45-

وَلَكِنَّا أَنشَأْنَا قُرُونًا فَتَطَاوَلَ عَلَيْهِمُ الْعُمُرُ وَمَا كُنتَ ثَاوِيًا فِي أَهْلِ مَدْيَنَ تَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِنَا وَلَكِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ

TERJEMAH :

Tetapi Kami telah mengadakan beberapa generasi, dan berlalulah atas mereka masa yang panjang, dan tiadalah kamu tinggal bersama-sama penduduk Mad-yan dengan membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka, te- tapi Kami telah mengutus rasul-rasul.

TAFSIR :

Dan Kami menciptakan umat-umat setelah Musa, maka mereka tinggal dalam waktu yang sangat lama, akibatnya mereka melalaikan perjanjian Allah, meninggalkan perintah-Nya. Kamu juga tidak tinggal di kota Madyan, membacakan kitab Kami kepada mereka, sehingga kamu mengetahui kisah mereka dan bisa mengabarkannya. Akan tetapi berita tentang Musa yang kamu sampaikan itu berasal dari wahyu, dan hal itu merupakan bukti nyata tentang kerasulan-mu.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*