Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Qashash 1-5

AL-QASHASH : 1-

طسم

TERJEMAH :

Thaa Siin Miim[1111].

[1111] Lihat no. 10.

TAFSIR :

Tha siin, miim. Pembicaraan tentang huruf-huruf yang penggalan ini telah hadir di awal surat al-Baqarah.

AL-QASHASH : 2-

تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْمُبِينِ

TERJEMAH :

Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Qur’an) yang nyata (dari Allah).

TAFSIR :

Ini adalah ayat-ayat al-Qur’an yang Aku turunkan kepadamu (wahai Rasul) yang menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para hamba di dunia dan di akhirat mereka.

AL-QASHASH : 3-

نَتْلُوا عَلَيْكَ مِن نَّبَإِ مُوسَى وَفِرْعَوْنَ بِالْحَقِّ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Kami membacakan kepadamu sebagian dari kisah Musa dan Fir’aun de- ngan benar untuk orang-orang yang beriman.

TAFSIR :

Kami menceritakan kepadamu berita Musa dan Fir’aun dengan benar untuk orang-orang yang beriman kepada al-Qur’an ini, membenarkannya bahwa ia datang dari Allah dan mengamalkan petunjuknya.

AL-QASHASH : 4-

إِنَّ فِرْعَوْنَ عَلَا فِي الْأَرْضِ وَجَعَلَ أَهْلَهَا شِيَعًا يَسْتَضْعِفُ طَائِفَةً مِّنْهُمْ يُذَبِّحُ أَبْنَاءهُمْ وَيَسْتَحْيِي نِسَاءهُمْ إِنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Fir’aun telah berbuat sewenang-wenang di muka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah, dengan menindas segolongan dari mereka, menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka[1112]. Sesungguhnya Fir’aun termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.

[1112] Golongan yang ditindas itu ialah Bani Israil, yang anak- anak laki-laki mereka dibunuh dan anak-anak perempuan mereka dibiarkan hidup.

TAFSIR :

Sesungguhnya Fir’aun bertindak sombong dan angkuh di muka bumi, menjadikan penduduknya beberapa kelompok yang terpecah-pecah, agar bisa menguasai setiap kelompok dari mereka, dan mereka adalah Bani Israil. Dia menyembelih anak-anak laki-laki dari mereka dan membiarkan anak-anak perempuan dari mereka untuk dijadikan pelayan dan bahan perendahan. Sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang membuat kerusakan di bumi.

AL-QASHASH : 5-

وَنُرِيدُ أَن نَّمُنَّ عَلَى الَّذِينَ اسْتُضْعِفُوا فِي الْأَرْضِ وَنَجْعَلَهُمْ أَئِمَّةً وَنَجْعَلَهُمُ الْوَارِثِينَ

TERJEMAH :

Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi (Mesir) itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menja- dikan mereka orang-orang yang mewarisi (bumi)[1113],

[1113] Lihat no. 560.

TAFSIR :

Dan Kami ingin melimpahkan karunia kepada orang-orang yang ditindas oleh Fir’aun di bumi. Kami hendak menjadikan mereka para pemimpin dalam kebaikan dan juru dakwah kepadanya serta Kami menjadikan mereka sebagai pewaris bumi setelah binasanya Fir’aun dan kaumnya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*