Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 71-75

AL-MU’MIN : 71-

إِذِ الْأَغْلَالُ فِي أَعْنَاقِهِمْ وَالسَّلَاسِلُ يُسْحَبُونَ

TERJEMAH :

ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, seraya mereka diseret,

TAFSIR :

Akibat dari pendustaan mereka saat belenggu-belenggu dipasangkan di leher-leher mereka dan rantai-rantai di kaki-kaki mereka. Mereka diseret,

AL-MU’MIN : 72-

فِي الْحَمِيمِ ثُمَّ فِي النَّارِ يُسْجَرُونَ

TERJEMAH :

ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api,

TAFSIR :

Oleh para malaikat Zabaniyah dalam air yang sangat panas dan bergejolak, kemudian mereka dijebloskan ke dalam api neraka Jahanam yang membakar mereka.

AL-MU’MIN : 73-

ثُمَّ قِيلَ لَهُمْ أَيْنَ مَا كُنتُمْ تُشْرِكُونَ

TERJEMAH :

kemudian dikatakan kepada mereka: ” Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan,

TAFSIR :

Saat mereka sedang dalam keadaan yang menyesakkan tersebut, dikatakan kepada mereka sebagai sebuah pengingkaran : Mana tuhan-tuhan

AL-MU’MIN : 74-

مِن دُونِ اللَّهِ قَالُوا ضَلُّوا عَنَّا بَل لَّمْ نَكُن نَّدْعُو مِن قَبْلُ شَيْئًا كَذَلِكَ يُضِلُّ اللَّهُ الْكَافِرِينَ

TERJEMAH :

(yang kamu sembah) selain Allah?” Mereka menjawab: “Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu”. Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir.

TAFSIR :

yang dulu kalian sembah selain Allah?? Adakah di hari ini mereka menolong kalian?? Panggillah mereka agar mereka menyelamatkan kalian dari adzab yang menimpa kalian ini bila mereka mampu. Orang-orang yang mendustakan itu menjawab : Kami tidak melihat mereka, ternyata mereka tidak memberi manfaat apa pun kepada kami. Mereka mengaku bahwa mereka sama sekali tidak tahu dan bahwa ibadah kepada mereka adalah batil, tidak berarti apa pun, sebagaimana Allah menyesatkan orang-orang yang mana apa yang mereka sembah di dunia selain Allah tidak bisa membantu mereka sedikit pun di neraka Jahanam. Allah juga menyesatkan orang-orang yang kafir kepada-Nya.

AL-MU’MIN : 75-

ذَلِكُم بِمَا كُنتُمْ تَفْرَحُونَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَبِمَا كُنتُمْ تَمْرَحُونَ

TERJEMAH :

Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan).

TAFSIR :

Adzab yang menimpa kalian disebabkan oleh kelalaian kalian daladm kehidupan dunia, di mana kalian justru berbahagia dengan dosa-dosa dan kemaksiatan-kemaksiatan yang kalian kerjakan, dan kalian membanggakan keangkuhan dan kesombongan serta pelanggaran di depan hamba-hamba Allah.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*