Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 6-10

AL-MU’MIN : 6-

وَكَذَلِكَ حَقَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ عَلَى الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّهُمْ أَصْحَابُ النَّارِ

TERJEMAH :

Dan demikianlah telah pasti berlaku ketetapan azab Tuhanmu terhadap orang-orang kafir, karena sesungguhnya mereka adalah penghuni neraka.

TAFSIR :

Sebagaimana hukuman-Ku telah menimpa umat-umat terdahulu yang mendustakan para utusannya,maka ketetapanku berlaku bahwa neraka adalah tempat bagi orang-orang yang kafir.

AL-MU’MIN : 7-

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

TERJEMAH :

(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,

TAFSIR :

Para malaikat yang memikul ‘Arsy dan para malaikat di sekeliling ‘Arsy dari kalangan para malaikat yang mengelilinginya, mereka menyucikan Allah dari segala kekurangan, memuji-Nya dengan pujian yang layak untuk-Nya, beriman kepada-Nya dengan sebenar-benar iman, memohon kepada-Nya agar memaafkan orang-orang Mukmin. Mereka berkata : Ya Rabbana, ilmu dan Rahmat-Mu meliputi segala sesuatu, ampunilah orang-orang yang bertaubat dari syirik dan kemaksiatan, lalu mengambil jalan yang Engkau perintahkan agar mereka mengambilnya yaitu Islam, dan jauhkanlah mereka dari adzab api neraka dan kengeriannya.

AL-MU’MIN : 8-

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدتَّهُم وَمَن صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

TERJEMAH :

ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,

TAFSIR :

Ya Rabb kami, masukkanlah orang-orang yang beriman ke dalam surga-surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka, berikut orang-orang shalih dengan iman dan amal shalih dari bapak-bapak, istri-istri dan anak-anak mereka. Sesungguhnya Engkau Mahaperkasa yang mengalahkan segala sesuatu, Maha Bijaksana dalam penciptaan dan pengaturan-Nya.

AL-MU’MIN : 9-

وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ وَمَن تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

TERJEMAH :

dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang- orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar”.

TAFSIR :

Tepislah dari mereka akibat buruk dari keburukan mereka, jangan menyiksa mereka karenanya. Dan barangsiapa yang Engkau lindungi dari akibat buruk perbuatannya di hari perhitungan, maka Engkau telah merahmatinya dan memberi nikmat kepadanya dengan keselamatan dari siksa-Mu, dan hal itu adalah kemenangan yang besar di mana tiada kemenangan sepertinya.

AL-MU’MIN : 10-

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنَادَوْنَ لَمَقْتُ اللَّهِ أَكْبَرُ مِن مَّقْتِكُمْ أَنفُسَكُمْ إِذْ تُدْعَوْنَ إِلَى الْإِيمَانِ فَتَكْفُرُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya orang-orang yang kafir diserukan kepada mereka (pada hari kiamat): “Sesungguhnya kebencian Allah (kepadamu) lebih besar daripada kebencianmu kepada dirimu sendiri karena kamu diseru untuk beriman lalu kamu kafir”.

TAFSIR :

Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari bahwa Allah adalah Illah yang haq dan memberikan ibadah kepada selain-Nya. Pada saat mereka menyaksikan siksa api neraka dengan diri mereka, maka mereka akan membenci diri mereka sendiri sebenci-bencinya. Saat itu para penjaga Jahanam memanggil mereka : Murka Allah terhadap kalian di dunia saat Dia meminta kalian agar beriman kepada-Nya dan mengikuti utusan-utusan-Nya, lalu kalian menolak adalah lebih besar daripada kebencian kalian terhadap diri kalian sendiri saat ini setelah kalian mengetahui bahwa kalian memang berhak untuk meraih murka Allah dan siksa-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*