AL-MU’MIN : 56-

إِنَّ الَّذِينَ يُجَادِلُونَ فِي آيَاتِ اللَّهِ بِغَيْرِ سُلْطَانٍ أَتَاهُمْ إِن فِي صُدُورِهِمْ إِلَّا كِبْرٌ مَّا هُم بِبَالِغِيهِ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

TERJEMAH :

Sesungguhhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat- ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka [1326] tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

[1326] Lihat not 1323.

TAFSIR :

Sesungguhnya orang-orang yang menolak kebenaran dengan kebatilan, menolak hujjah-hujjah Allah yang shahih dengan syubhat-syubhat yang rusak tanpa argumentasi dan hujjah dari Allah, di dalam dada mereka hanyalah kesombongan untuk menerima kebenaran, ditambah dengan kedengkian dari mereka atas karunia yang Allah berikan kepada Nabi-Nya, dan kemuliaan derajat kenabian yang Dia limpahkan kepadanya, sesuatu yang tidak akan mereka dapatkan dan raih. Maka berlindunglah kepada Allah dari keburukan mereka, sesungguhnya Allah Maha Mendengar perkataan-perkataan mereka, Maha Melihat perbuatan-perbuatan mereka, dan Dia akan membalas mereka atasnya.

Asbabun Nuzul :

Dia meriwayatkan dari Abul Aliyah berkata : Orang-orang Yahudi datang kepada Nabi, mereka menyinggung Dajjal. Mereka berkata : Dia dari kami di akhir zaman. Mereka mengagung-agungkan perkaranya, mereka berkata : Dia berbuat begini. Maka Allah menurunkan ayat 56 ini dan meminta Nabi untuk berlindung dari fitnah Dajjal.

Dia meriwayatkan dari Kaab al-Ahbar tentang firman Allah ayat 56 ini, dia berkata : Mereka adalah orang-orang Yahudi, Ayat 56 ini turun karena mereka sangat menunggu perkara Dajjal.

AL-MU’MIN : 57-

لَخَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَكْبَرُ مِنْ خَلْقِ النَّاسِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

TAFSIR :

57.Penciptaan Allah terhadap langit dan bumi adalah lebih besar daripada penciptaan manusia dan pengembalian mereka setelah mereka mati. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui bahwa menciptakan semua itu adalah mudah bagi Allah.

AL-MU’MIN : 58-

وَمَا يَسْتَوِي الْأَعْمَى وَالْبَصِيرُ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَلَا الْمُسِيءُ قَلِيلًا مَّا تَتَذَكَّرُونَ

TERJEMAH :

Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat, dan tidaklah (pula sama) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh dengan orang-orang yang durhaka. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran.

TAFSIR :

58.Orang yang melihat tidak sama dengan orang yang buta. Demikian juga orang-orang yang beriman yang mengakui bahwa Allah adalah Rabb yang haq tidak ada sekutu bagi-Nya, menjawab ajakan utusan-utusan-Nya dan mengamalkan syariat-Nya, tidak sama dengan orang-orang yang mengingkari dan memungkiri bahwa Allah adalah Illah yang haq, mendustakan utusan-utusan-Nya dan tidak mengamalkan syariat-Nya. Hanya sedikit kalian (wahai manusia) yang merenungkan hujjah-hujjah Allah, lalu mengambil pelajaran dan nasihat darinya.

AL-MU’MIN : 59-

إِنَّ السَّاعَةَ لَآتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.

TAFSIR :

59.Sesungguhnya Kiamat pasti datang tidak ada kebimbangan padanya, maka yakinlah bahwa ia akan datang sebagaimana hal itu telah dikabarkan oleh para Rasul. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mempercayai kehadirannya dan tidak beramal untuknya.

AL-MU’MIN : 60-

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

TERJEMAH :

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku [1327] akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

[1327] Yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdo’a kepada-Ku.

TAFSIR :

60.Rabb kalian (wahai para hamba) berfirman : Berdoalah hanya kepada-Ku semata dan khususkanlah Aku dengan ibadah, niscaya Aku menjawab untuk kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri sehingga mereka menolak untuk mengakui keesaan-Ku dalam ubudiyah dan ilahiyah-Ku, akan masuk ke dalam Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.

 

bagikan ini