AL-MU’MIN : 51-

إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat),

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami benar-benar menolong utusan-utusan Kami dan orang-orang Mukmin yang mengikuti mereka, dan Kami akan menjaga mereka dari pihak yang akan menyakiti mereka di kehidupan dunia ini dan hari Kiamat, di hari para malaikat, para nabi dan orang-orang yang beriman bersakdi atas umat-umat yang mendustakan utusan-utusan-Nya, maka mereka bersaksi bahwa para rasul itu telah menyampaikan risalah Rabb mereka dan bahwa umat-umat mereka mendustakan.

AL-MU’MIN : 52-

يَوْمَ لَا يَنفَعُ الظَّالِمِينَ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ

TERJEMAH :

(yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah la’nat dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk.

TAFSIR :

Di hari perhitungan, orang-orang kafir yang melanggar batasan-batasan Allah tidak akan terbantu sedikit pun oleh alasan-alasan yang mereka suguhkan, karena sebelumnya mereka telah mendustakan utusan-utusan Allah. Mereka diusir dari rahmat Allah, bagi mereka tempat tinggal yang buruk di akhirat, yaitu neraka.

AL-MU’MIN : 53-

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْهُدَى وَأَوْرَثْنَا بَنِي إِسْرَائِيلَ الْكِتَابَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah Kami berikan petunjuk kepada Musa; dan Kami wariskan Taurat kepada Bani Israil,

TAFSIR :

Sungguh Kami telah memberi Musa Taurat dan mukjizat-mukjizat yang bisa mengantarkan kepada kebenaran, dan Kami menjadikan Bani Israil mewarisi Taurat dari satu generasi ke generasi berikutnya.

AL-MU’MIN : 54-

هُدًى وَذِكْرَى لِأُولِي الْأَلْبَابِ

TERJEMAH :

untuk menjadi petunjuk dan peringatan bagi orang-orang yang berfikir.

TAFSIR :

Taurat itu membimbing ke jalan yang lurus dan nasihat bagi orang-orang yang memiliki akal yang lurus.

AL-MU’MIN : 55-

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

TERJEMAH :

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.

TAFSIR :

Bersabarlah (wahai Rasul) atas gangguan orang-orang musyrikin. Sungguh Kami menjanjikan kepadamu akan meninggikan kalimatmu. Janji Kami adalah haq yang tidak diselisihi, memohonlah ampunan kepada Allah atas dosamu, dan hendaknya kamu selalu menyucikan Rabb-mu dari apa yang tidak layak bagi-Nya di akhir dan di awal siang.

bagikan ini