Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 46-50

AL-MU’MIN : 46-

النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

TERJEMAH :

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang [1325], dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”.

[1325] Maksudnya: dinampakkan kepada mereka neraka pagi dan petang sebelum hari berbangkit.

TAFSIR :

Mereka tenggelam pertama kali dan binasa, kemudian di dalam kubur mereka disiksa di mana api neraka disodorkan kepada mereka di pagi dan petang hari sampai hari perhitungan amal, dan di Hari Kiamat dikatakan : Masukkanlah keluarga Fir’aun ke dalam neraka sebagai balasan atas perbuatan buruk yang mereka lakukan. Ayat ini merupakan dasar yang menetapkan adanya siksa kubur.

AL-MU’MIN : 47-

وَإِذْ يَتَحَاجُّونَ فِي النَّارِ فَيَقُولُ الضُّعَفَاء لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ أَنتُم مُّغْنُونَ عَنَّا نَصِيبًا مِّنَ النَّارِ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah), ketika mereka berbantah-bantah dalam neraka, maka orang-orang yang lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “Sesungguhnya kami adalah pengikut- pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari kami sebahagian azab api neraka?”

TAFSIR :

Tatkala penduduk neraka bertikai, sebagian menyalahkan sebagain yang lain, lalu orang-orang yang mengikuti dan bertaklid membantah para pemimpin yang sombong, yang menyesatkan mereka dan menghiasi untuk mereka jalan kesengsaraan. Mereka berkata kepada para pemimpin : Adakah kalian bisa membantu kami sedikit dengan memikul sebagian dari siksa neraka yang kami rasakan??

AL-MU’MIN : 48-

قَالَ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُلٌّ فِيهَا إِنَّ اللَّهَ قَدْ حَكَمَ بَيْنَ الْعِبَادِ

TERJEMAH :

Orang-orang yang menyombongkan diri menjawab: “Sesungguhnya kita semua sama-sama dalam neraka karena sesungguhnya Allah telah menetapkan keputusan antara hamba-hamba-(Nya)”.

TAFSIR :

Para pemimpin yang sombong itu menjawab mengakui kelemahan mereka : Kami tidak bisa memikul sebagian dari adzab neraka untuk kalian, sementara kita semuanya ada di dalamnya, kita tidak memiliki jalan untuk keluar darinya. Sesungguhnya Allah telah membagi adzab di antara kita sesuai dengan kadar yang menjadi haknya sejalan dengan keputusan-Nya yang adil.

AL-MU’MIN : 49-

وَقَالَ الَّذِينَ فِي النَّارِ لِخَزَنَةِ جَهَنَّمَ ادْعُوا رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِّنَ الْعَذَابِ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahannam: “Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari”.

TAFSIR :

Penduduk neraka dari kalangan orang-orang yang sombong dan orang-orang yang lemah berkata kepada para penjaga Jahanam : Mintalah kepada Rabb kalian agar Dia berkenan meringankan siksa dari kami sehari saja, sehingga kami bisa beristirahat.

AL-MU’MIN : 50-

قَالُوا أَوَلَمْ تَكُ تَأْتِيكُمْ رُسُلُكُم بِالْبَيِّنَاتِ قَالُوا بَلَى قَالُوا فَادْعُوا وَمَا دُعَاء الْكَافِرِينَ إِلَّا فِي ضَلَالٍ

TERJEMAH :

Penjaga Jahannam berkata: “Dan apakah belum datang kepada kamu rasul-rasulmu dengan membawa keterangan-keterangan?” Mereka menjawab: “Benar, sudah datang”. Penjaga-penjaga Jahannam berkata: “Berdo’alah kamu”. Dan do’a orang-orang kafir itu hanyalah sia-sia belaka.

TAFSIR :

Para penjaga Jahanam menjawab sambil menghardik mereka : Permintaan itu tidak berguna apa pun untuk kalian. Bukankah kalian telah didatangi oleh utusan-utusan kalian dengan membawa hujjah-hujjah yang jelas dari Allah lalu kalian mendustakan mereka?? Maka orang-orang yang ingkar itu pun mengakuinya dan mereka berkata : Benar. Maka para penjaga Jahanam berlepas diri dari mereka dan berkata : Kami tidak berdoa untuk kalian, tidak memberi syafaat kepada kalian, kalian sendiri yang berdoa, namun doa itu tetap tidak berguna apa pun bagi kalian, karena kalian adalah orang-orang kafir. Doa orang-orang kafir hanya kesia-siaan, tidak diterima dan tidak dijawab.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*