Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 26-30

AL-MU’MIN : 26-

وَقَالَ فِرْعَوْنُ ذَرُونِي أَقْتُلْ مُوسَى وَلْيَدْعُ رَبَّهُ إِنِّي أَخَافُ أَن يُبَدِّلَ دِينَكُمْ أَوْ أَن يُظْهِرَ فِي الْأَرْضِ الْفَسَادَ

TERJEMAH :

Dan berkata Fir’aun (kepada pembesar-pembesarnya): “Biarkanlah aku membunuh Musa dan hendaklah ia memohon kepada Tuhannya, karena sesungguhnya aku khawatir dia akan menukar agamamu atau menimbulkan kerusakan di muka bumi”.

TAFSIR :

Fir’aun berkata kepada para pembesar kaumnya : Biarkan aku membunuh Musa, dan biarkan dia memanggil Rabbnya yang katanya Dia mengutusnya kepada kita, agar Dia bisa melindunginya dari apa yang hendak kita lakukan terhadapnya. Sesungguhnya aku khawatir dia akan mengganti agama yang telah kalian pegang, atau akan menghadirkan kerusakan di bumi Mesir ini.

AL-MU’MIN : 27-

وَقَالَ مُوسَى إِنِّي عُذْتُ بِرَبِّي وَرَبِّكُم مِّن كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لَّا يُؤْمِنُ بِيَوْمِ الْحِسَابِ

TERJEMAH :

Dan Musa berkata: “Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri yang tidak beriman kepada hari berhisab”.

TAFSIR :

Dan Musa berkata kepada Fir’aun dan orang-orangnya : Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada Rabb-ku dan Rabb kalian, wahai orang-orang dari setiap orang yang menyombongkan diri dengan menolak untuk mentauhidkan Allah dan menaati-Nya, dan dia tidak beriman kepada suatu hari di mana saat itu Allah menghisab seluruh makhluk-Nya.

AL-MU’MIN : 28-

وَقَالَ رَجُلٌ مُّؤْمِنٌ مِّنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ إِيمَانَهُ أَتَقْتُلُونَ رَجُلًا أَن يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ وَقَدْ جَاءكُم بِالْبَيِّنَاتِ مِن رَّبِّكُمْ وَإِن يَكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ وَإِن يَكُ صَادِقًا يُصِبْكُم بَعْضُ الَّذِي يَعِدُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ

TERJEMAH :

Dan seorang laki-laki yang beriman di antara pengikut- pengikut Fir’aun yang menyembunyikan imannya berkata: “Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia menyatakan: “Tuhanku ialah Allah padahal dia telah datang kepadamu dengan membawa keterangan-keterangan dari Tuhanmu. Dan jika ia seorang pendusta maka dialah yang menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika ia seorang yang benar niscaya sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu”. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta.

TAFSIR :

Seorang laki-laki dari keluarga Fir’aun yang beriman kepada Allah yang menyembunyikan imannya berkata mengingkari kaumnya : Bagaimana kalian membolehkan diri kalian untuk membunuh seorang laki-laki yang tidak melakukan dosa di tengah-tengah kalian, kecuali hanya karena dia berkata : Rabbku adalah Allah. Padahal dia telah membawa bukti-bukti yang kuat dari sisi Rabb kalian yang menunjukkan kebenaran apa yang dikatakannya?? Bila Musa berdusta  maka akibat buruk dustanya akan menimpa dirinya sendiri, namun bila dia benar maka sebagian dari apa yang dia ancamkan kepada kalian pasti akan menimpa kalian. Sesungguhnya Allah tidak membimbing kepada jalan kebenaran siapa yang melampaui batas dengan meninggalkan kebenaran dan mengambil kebatilan, serta pembual dengan menisbahkan apa yang dilakukannya itu kepada Allah.

AL-MU’MIN : 29-

يَا قَوْمِ لَكُمُ الْمُلْكُ الْيَوْمَ ظَاهِرِينَ فِي الْأَرْضِ فَمَن يَنصُرُنَا مِن بَأْسِ اللَّهِ إِنْ جَاءنَا قَالَ فِرْعَوْنُ مَا أُرِيكُمْ إِلَّا مَا أَرَى وَمَا أَهْدِيكُمْ إِلَّا سَبِيلَ الرَّشَادِ

TERJEMAH :

(Musa berkata): “Hai kaumku, untukmulah kerajaan pada hari ini dengan berkuasa di muka bumi. Siapakah yang akan menolong kita dari azab Allah jika azab itu menimpa kita!” Fir’aun berkata: “Aku tidak mengemukakan kepadamu, melainkan apa yang aku pandang baik; dan aku tiada menunjukkan kepadamu selain jalan yang benar”.

TAFSIR :

Wahai kaum, bagi kalian kekuasaan di hari ini. Kalian berkuasa di bumi Mesir atas rakyat kalian dari Bani Israil dan lainnya, lalu siapa yang bisa menolak adzab Allah dari kami bila ia datang menimpa kami?? Fir’aun berkata menjawab kaumnya : Wahai manusia, aku tidak menunjukkan kepada kalian berupa pendapat atau nasihat, kecuali apa yang aku perlihatkan untuk diriku dan kalian di mana ia adalah kebaikan dan kebenaran. Dan aku tidak mengajak kalian kecuali kepada jalan yang benar lagi haq.

AL-MU’MIN : 30-

وَقَالَ الَّذِي آمَنَ يَا قَوْمِ إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُم مِّثْلَ يَوْمِ الْأَحْزَابِ

TERJEMAH :

Dan orang yang beriman itu berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa (bencana) seperti peristiwa kehancuran golongan yang bersekutu.

TAFSIR :

Laki-laki yang beriman dari keluarga Fir’aun berkata menasihati dan memperingatkan Fir’aun dan orang-orangnya : Sesungguhnya aku takut terhadap kalian bila kalian membunuh Musa, maka kalian akan ditimpa seperti hari al-Ahzab saat mereka bersekongkol melawan nabi-nabi mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*