Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 21-25

AL-MU’MIN : 21-

أَوَ لَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَيَنظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ كَانُوا مِن قَبْلِهِمْ كَانُوا هُمْ أَشَدَّ مِنْهُمْ قُوَّةً وَآثَارًا فِي الْأَرْضِ فَأَخَذَهُمُ اللَّهُ بِذُنُوبِهِمْ وَمَا كَانَ لَهُم مِّنَ اللَّهِ مِن وَاقٍ

TERJEMAH :

Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi, lalu memperhatikan betapa kesudahan orang-orang yang sebelum mereka. Mereka itu adalah lebih hebat kekuatannya daripada mereka dan (lebih banyak) bekas-bekas mereka di muka bumi [1320], maka Allah mengazab mereka disebabkan dosa-dosa mereka. Dan mereka tidak mempunyai seorang pelindung dari azab Allah.

[1320] Maksudnya: bangunan, alat perlengkapan, benteng- benteng dan istana-istana.

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang mendustakan risalahmu itu (wahai Rasul) tidak berjalan di muka bumi untuk melihat bagaimana akhir hidup umat-umat terdahulu sebelum mereka?? Umat-umat itu lebih dahsyat kekuatannya daripada mereka dan lebih meninggalkan bekas di muka bumi, namun kekuatan mereka yang dahsyat dan kebesaran jasad mereka itu tidak berguna bagi mereka, Allah telah menetapkan hukuman-Nya atas mereka disebabkan kekufuran mereka dan dosa-dosa yang mereka kerjakan. Mereka tidak memiliki pelindung yang bisa melindungi dan menolak adzab Allah dari mereka.

AL-MU’MIN : 22-

ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانَت تَّأْتِيهِمْ رُسُلُهُم بِالْبَيِّنَاتِ فَكَفَرُوا فَأَخَذَهُمُ اللَّهُ إِنَّهُ قَوِيٌّ شَدِيدُ الْعِقَابِ

TERJEMAH :

Yang demiklan itu adalah karena telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata [1321] lalu mereka kafir; maka Allah mengazab mereka. Sesungguhnya Dia Maha Kuat lagi Maha Keras hukuman-Nya.

[1321] Maksudnya: mu’jizat, hukum-hukum, dan ajaran-ajaran yang dibawanya.

TAFSIR :

Adzab yang menimpa orang-orang yang mendustakan yang telah berlalu itu disebabkan oleh sikap mereka terhadap utusan-utusan mereka yang hadir membawa bukti-bukti yang kuat atas kebenaran dakwah mereka, namun mereka malah kafir kepada para utusan tersebut dan menustakan mereka, maka Allah mengambil mereka semuanya dengan adzab-Nya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, tidak seorang pun mengalahkan-Nya, keras hukuman-Nya bagi siapa yang kafir kepada-Nya dan mendurhakai-Nya.

AL-MU’MIN : 23-

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَى بِآيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ مُّبِينٍ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah Kami utus Musa dengan membawa ayat- ayat Kami dan keterangan yang nyata,

TAFSIR :

Sungguh Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami yang agung yang membuktikan kebenaran tugas yang diembannya, hujjah yang nyata lagi jelas atas kebenaran dakwahnya serta kebatilan perbuatan kaum di mana Musa diutus kepada mereka.

AL-MU’MIN : 24-

إِلَى فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَقَارُونَ فَقَالُوا سَاحِرٌ كَذَّابٌ

TERJEMAH :

kepada Fir’aun, Haman dan Qarun; maka mereka berkata: “(Ia) adalah seorang ahli sihir yang pendusta”.

TAFSIR :

Kepada Fir’aun Raja Mesir, Haman menterinya dan Qarun hartawan pemilik kekayaan melimpah-ruah. Lalu mereka mengingkari risalahnya dan menyombongkan diri, mereka berkata tentangnya : Dia adalah tukang sihir pembohong, bagaimana bisa dia mengaku bahwa dirinya diutus kepada manusia sebagai rasul??

AL-MU’MIN : 25-

فَلَمَّا جَاءهُم بِالْحَقِّ مِنْ عِندِنَا قَالُوا اقْتُلُوا أَبْنَاء الَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ وَاسْتَحْيُوا نِسَاءهُمْ وَمَا كَيْدُ الْكَافِرِينَ إِلَّا فِي ضَلَالٍ

TERJEMAH :

Maka tatkala Musa datang kepada mereka membawa kebenaran dari sisi Kami mereka berkata: “Bunuhlah anak-anak orang- orang yang beriman bersama dengan dia dan biarkanlah hidup wanita-wanita mereka”. Dan tipu daya orang-orang kafir itu tak lain hanyalah sia-sia (belaka).

TAFSIR :

Manakala Musa datang kepada Fir’aun, Haman dan Qarun dengan membawa mukjizat-mukjizat yang jelas dari sisi Kami, mereka tidak cukup hanya dengan menentang dan mengingkarinya, mereka malah berkata : Bunuhlah anak-anak lelaki orang-orang yang beriman bersamanya dan biarkanlah anak-anak perempuan mereka untuk menjadi pelayan dan budak. Rencana jahat orang-orang kafir hanyalah akan menguap sia-sia.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*