Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 11-15

AL-MU’MIN : 11-

قَالُوا رَبَّنَا أَمَتَّنَا اثْنَتَيْنِ وَأَحْيَيْتَنَا اثْنَتَيْنِ فَاعْتَرَفْنَا بِذُنُوبِنَا فَهَلْ إِلَى خُرُوجٍ مِّن سَبِيلٍ

TERJEMAH :

Mereka menjawab: “Ya Tuhan kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka adakah sesuatu jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)?”

TAFSIR :

Orang-orang kafir berkata : Wahai Rabb kami, matikanlah kami dua kali, saat kami masih dalam rahim ibu kami dalam bentuk setetes air sebelum ditiupkannya arwah, dan saat ajal kami di dunia telah habis. Hidupkanlah kami dua kali, di dunia saat kami lahir dan di saat kami dibangkitkan dari kubur kami. Sekarang kami mengakui kesalahan-kesalahan masa lalu kami. Adakah jalan bagi kami untuk keluar dari api neraka lalu Engkau mengembalikan kami ke dunia agar kami bisa beramal menaati-Mu?? Namun pengakuan ini sama sekali tidak berguna bagi mereka.

AL-MU’MIN : 12-

ذَلِكُم بِأَنَّهُ إِذَا دُعِيَ اللَّهُ وَحْدَهُ كَفَرْتُمْ وَإِن يُشْرَكْ بِهِ تُؤْمِنُوا فَالْحُكْمُ لِلَّهِ الْعَلِيِّ الْكَبِيرِ

TERJEMAH :

Yang demikian itu adalah karena kamu kafir apabila Allah saja disembah. Dan kamu percaya apabila Allah dipersekutukan. Maka putusan (sekarang ini) adalah pada Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

TAFSIR :

Siksa yang kalian peroleh itu (wahai orang-orang kafir) adalah disebabkan karena kalian dulu diajak untuk mentauhidkan Allah dan mengikhlaskan amal perbuatan untuk-Nya, namun kalian justru malah ingkar kepada-Nya. Tetapi bila ada sekutu yang diangkat bersama Allah, kalian justru membenarkan dan mengikutinya. Allah adalah hakim atas makhluk-Nya, Mahaadil yang tidak bertindak zhalim, memberi hidayah kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, merahmati siapa yang Dia kehendaki dan menyiksa siapa yang Dia kehendaki. Tiada Illah yang haq kecuali Dia yang Mahatinggi dzat-Nya, kedudukan-Nya, kekuasaan-Nya, bagi-Nya leagungan dan kesombongan.

AL-MU’MIN : 13-

هُوَ الَّذِي يُرِيكُمْ آيَاتِهِ وَيُنَزِّلُ لَكُم مِّنَ السَّمَاء رِزْقًا وَمَا يَتَذَكَّرُ إِلَّا مَن يُنِيبُ

TERJEMAH :

Dia-lah yang memperlihatkan kepadamu tanda-tanda (kekuasaan)-Nya dan menurunkan untukmu rezki dari langit. Dan tiadalah mendapat pelajaran kecuali orang-orang yang kembali (kepada Allah).

TAFSIR :

Dia-lah yang memperlihatkan kepada kalian wahai manusia kodrat-Nya melalui apa yang kalian saksikan berupa tanda-tanda agung yang menunjukkan kesempurnaan pencipta dan pembuatnya. Dia menurunkan hujan untuk kalian dari langit yang dengannya kalian mendapatkan rizki. Dan tiada yang mengambil pelajaran dari ayat-ayat ini kecuali orang-orang yang kembali kepada ketaatan kepada Allah dan mengikhlaskan ibadah hanya untuk-Nya.

AL-MU’MIN : 14-

فَادْعُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

TERJEMAH :

Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadat kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya).

TAFSIR :

.Maka ikhlaskanlah (wahai orang-orang Mukmin) ibadah dan doa hanya kepada Allah semata. Selisihilah jalan orang-orang musyrikin sekalipun hal itu membuat mereka marah, jangan menggubris mereka.

AL-MU’MIN : 15-

رَفِيعُ الدَّرَجَاتِ ذُو الْعَرْشِ يُلْقِي الرُّوحَ مِنْ أَمْرِهِ عَلَى مَن يَشَاء مِنْ عِبَادِهِ لِيُنذِرَ يَوْمَ التَّلَاقِ

TERJEMAH :

(Dialah) Yang Maha Tinggi derajat-Nya, Yang mempunyai ‘Arsy, Yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya, supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat).

TAFSIR :

Sesungguhnya Allah Mahatinggi, derajat-Nya naik membumbung tinggi sehingga Dia tidaklah sama dengan makhluk-makhluk-Nya, kedudukan-Nya naik tinggi, Dia adalah pemilik ‘Arsy yang agung. Di antara bentuk rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya adalah bahwa Dia mengutus para Rasul kepada mereka untuk menyampaikan wahyu yang dengannya mereka hidup, sehingga mereka hidup dengan dasar ilmu dari Rabb mereka. Di samping para Rasul itu juga memberikan peringatan kepada hamba-hamba Allah tentang kehadiran Hari Kiamat di mana di sana orang-orang terdahulu dan orang-orang terakhir akan bertemu.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*