Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 1-5

AL-MU’MIN : 1-

حم

TERJEMAH :

Haa Miim [1318].

[1318] Lihat not 10.

TAFSIR :

Haa, miim. Pembicaraan tentang huruf-huruf yang terpenggal seperti ini telah hadir di awal surat a-Baqarah.

AL-MU’MIN : 2-

تَنزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

TERJEMAH :

Diturunkan Kitab ini (Al Qur’an) dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui,

TAFSIR :

Diturunkannya al-Qur’an kepada Nabi Muhammad adalah dari sisi Allah yang Mahaperkasa yang dengan keperkasaan-Nya mengalahkan seluruh makhluk, Maha Mengetahui segala sesuatu.

AL-MU’MIN : 3-

غَافِرِ الذَّنبِ وَقَابِلِ التَّوْبِ شَدِيدِ الْعِقَابِ ذِي الطَّوْلِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ إِلَيْهِ الْمَصِيرُ

TERJEMAH :

Yang Mengampuni dosa dan Menerima taubat lagi keras hukuman-Nya. Yang mempunyai karunia. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Hanya kepada-Nyalah kembali (semua makhluk).

TAFSIR :

Maha Pengampun terhadap dosa orang-orang yang berbuat dosa, Penerima taubat dari orang-orang yang bertaubat, namun hukuman-Nya keras atas siapa yang berani melakukan dosa-dosa, dan tidak mau bertaubat darinya. Dia pemilik karunia dan nikmat atas hamba-hamba-Nya yang taat, tiada sesembahan yang berhak untuk disembah selain-Nya. Hanya kepada-Nya tempat kembali seluruh makhluk di hari perhitungan amal perbuatan, lalu Dia membalas masing-masing orang sesuai dengan haknya.

AL-MU’MIN : 4-

مَا يُجَادِلُ فِي آيَاتِ اللَّهِ إِلَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَلَا يَغْرُرْكَ تَقَلُّبُهُمْ فِي الْبِلَادِ

TERJEMAH :

Tidak ada yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kafir. Karena itu janganlah pulang balik mereka dengan bebas dari suatu kota ke kota yang lain memperdayakan kamu.

TAFSIR :

Tiada yang menentang ayat-ayat al-Qur’an dan dalil-dalilnya yang menetapkan keesaan Allah dan menyikapinya dengan kebatilan kecuali para pengingkar yang mengingkari bahwa Allah adalah Illah yang haq yang berhak untuk disembah. Maka janganlah kamu (wahai Rasul) terkecoh oleh hilir mudik mereka di berbagai negeri dengan berbagai macam perniagaan dan mata pencaharian, kenikmatan dan perhiasan dunia.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari as-Suddi dari Abu Malik tentang ayat 4 ini. Dia berkata : Ia turun pada al-Harits bin Qais as-Sahmi.

AL-MU’MIN : 5-

كَذَّبَتْ قَبْلَهُمْ قَوْمُ نُوحٍ وَالْأَحْزَابُ مِن بَعْدِهِمْ وَهَمَّتْ كُلُّ أُمَّةٍ بِرَسُولِهِمْ لِيَأْخُذُوهُ وَجَادَلُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ فَأَخَذْتُهُمْ فَكَيْفَ كَانَ عِقَابِ

TERJEMAH :

Sebelum mereka, kaum Nuh dan golongan-golongan yang bersekutu sesudah mereka telah mendustakan (rasul) dan tiap-tiap umat telah merencanakan makar terhadap rasul mereka untuk menawannya dan mereka membantah dengan (alasan) yang batil untuk melenyapkan kebenaran dengan yang batil itu; karena itu Aku azab mereka. Maka betapa (pedihnya) azab-Ku?

TAFSIR :

Telah mendustakan sebelum orang-orang kafir itu, kaum Nuh dan umat-umat yang datang sesudah mereka yang mengumumkan perang melawan para Rasul seperti ‘Ad dan Tsamud, di mana mereka bertekad menyakiti para rasul dan bersekutu untuk mengganggu mereka atau membunuh mereka. Masing-masing umat dari umat-umat yang mendustakan tersebut bertekad untuk membunuh Rasulnya dan mendebatnya dengan kebatilan, agar mereka bisa membatalkan kebenaran dengan debat mereka, maka Aku menghukum mereka. Bukankah hukuman-Ku atas mereka mengandung pelajaran bagi makhluk dan nasihat bagi orang-orang yang datang sesudah mereka??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*