Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 66-70

AL-MUKMINUUN : 66-

قَدْ كَانَتْ آيَاتِي تُتْلَى عَلَيْكُمْ فَكُنتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ تَنكِصُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya ayat-ayatKu (Al Qur’an) selalu dibacakan kepada kamu sekalian, maka kamu selalu berpaling ke belakang,

TAFSIR :

Sesungguhnya ayat-ayat al-Qur’an telah dibacakan kepada kalian agar kalian beriman kepadanya, tetapi kalian justru berpaling darinya, tidak mau mendengar, tidak membenarkan dan tidak mengamalkan seperti orang yang berbalik ke belakang dan mundur.

AL-MUKMINUUN : 67-

مُسْتَكْبِرِينَ بِهِ سَامِرًا تَهْجُرُونَ

TERJEMAH :

dengan menyombongkan diri terhadap Al Qur’an itu dan mengucapkan perkataan-perkataan keji terhadapnya di waktu kamu bercakap-cakap di malam hari.

TAFSIR :

Hal itu kalian lakukan dengan menyombongkan diri terhadap orang lain tanpa kebenaran karena adanya Baitul Haram. Kalian berkata : Kami adalah pemilik Baitul Haram dan kami pasti tidak akan pernah kalah. Kalian membuat majelis-majelis untuk ngobrol di sekitarnya dengan ucapan-ucapan yang buruk.

AL-MUKMINUUN : 68-

أَفَلَمْ يَدَّبَّرُوا الْقَوْلَ أَمْ جَاءهُم مَّا لَمْ يَأْتِ آبَاءهُمُ الْأَوَّلِينَ

TERJEMAH :

Maka apakah mereka tidak memperhatikan perkataan (Kami), atau apakah telah datang kepada mereka apa yang tidak pernah datang kepada nenek moyang mereka dahulu?

TAFSIR :

Apakah mereka tidak merenungkan al-Qur’an sehingga mereka akan membenarkannya, ataukah mereka menolak untuk beriman dengan datangnya Rasul dan kitab hanya karena keduanya belum pernah datang kepada nenek  moyang mereka sehingga mereka mengingkari dan menolaknya??

AL-MUKMINUUN : 69-

أَمْ لَمْ يَعْرِفُوا رَسُولَهُمْ فَهُمْ لَهُ مُنكِرُونَ

TERJEMAH :

Ataukah mereka tidak mengenal rasul mereka, karena itu mereka memungkirinya?

TAFSIR :

Ataukah mereka menolak untuk mengikuti kebenaran, karena Rasul yang diutus kepada mereka, Muhammad sama sekali tidak terkenal di kalangan mereka. Karena itu mereka mengingkarinya??

AL-MUKMINUUN : 70-

أَمْ يَقُولُونَ بِهِ جِنَّةٌ بَلْ جَاءهُم بِالْحَقِّ وَأَكْثَرُهُمْ لِلْحَقِّ كَارِهُونَ

TERJEMAH :

Atau (apakah patut) mereka berkata: “Padanya (Muhammad) ada penyakit gila.” Sebenarnya dia telah membawa kebenaran kepada mereka, dan kebanyakan mereka benci kepada kebenaran itu.

TAFSIR :

Bahkan mereka menganggapnya orang yang gila?? Sungguh mereka telah mendustakannya. Sesungguhnya beliau datang dengan membawa al-Qur’an, tauhid dan agama yang benar. Dan kebanyakan dari mereka membenci kebenaran karena dengki dan sombong.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*