Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 61-65

AL-MUKMINUUN : 61-

أُوْلَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ

TERJEMAH :

mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya [1010].

[1010] Maksudnya: orang-orang yang mempunyai sifat-sifat yang disebutkan dalam ayat-ayat 57, 58, 59, dan 60 itulah yang bersegera untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan, dan kebaikan-kebaikan itu akan diberikan kepeda mereka dengan segera sejak di dunia ini.

TAFSIR :

Mereka itulah orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam ketaatan. Mereka berusaha dengan sungguh-sungguh untuk bersegera kepada setiap amal shalih. Mereka adalah orang-orang yang selalu berlomba-lomba dalam kebaikan.

AL-MUKMINUUN : 62-

وَلَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا وَلَدَيْنَا كِتَابٌ يَنطِقُ بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

TERJEMAH :

Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran [1011], dan mereka tidak dianiaya.

[1011] Maksudnya: Kitab tempat malaikat-malaikat menuliskan perbuatan-perbuatan seseorang, biarpun buruk atau baik, yang akan dibacakan di hari kiamat (Lihat surat (45) Al-Jatsiyah ayat 29).

TAFSIR :

Kami tiada membebani seorang hamba pun dari para hamba Kami melainkan menurut kesanggupannya dalam beramal. Amal perbuatan mereka tertulis di sisi Kami. Di dalam kitab yang menyimpan semua amal perbuatan yang diangkat oleh malaikat. Malaikat yang akan berbicara dengan benar atas perbuatan mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang dizhalimi.

AL-MUKMINUUN : 63-

بَلْ قُلُوبُهُمْ فِي غَمْرَةٍ مِّنْ هَذَا وَلَهُمْ أَعْمَالٌ مِن دُونِ ذَلِكَ هُمْ لَهَا عَامِلُونَ

TERJEMAH :

Tetapi hati orang-orang kafir itu dalam kesesatan dari (memahami kenyataan) ini, dan mereka banyak mengerjakan perbuatan-perbuatan (buruk) selain daripada itu, mereka tetap mengerjakannya.

TAFSIR :

Tetapi hati orang-orang kafir itu dalam kesesatan yang dalam dari al-Qur’an dan yang ada di dalamnya. Mereka banyak mengerjakan perbuatan-perbuatan buruk di samping syirik mereka. Allah menangguhkan mereka sehingga mereka bisa melaksanakannya. Maka mereka akan mendapatkan murka dari Allah dan adzab-Nya.

AL-MUKMINUUN : 64-

حَتَّى إِذَا أَخَذْنَا مُتْرَفِيهِم بِالْعَذَابِ إِذَا هُمْ يَجْأَرُونَ

TERJEMAH :

Hingga apabila Kami timpakan azab [1012], kepada orang-orang yang hidup mewah di antara mereka, dengan serta merta mereka memekik minta tolong.

[1012] Maksudnya azab di akhirat.

TAFSIR :

Hingga apabila Kami timpakan adzab kepada orang-orang yang hidup mewah dan orang-orang yang kufur terhadap nikmat di antara mereka, serta merta mereka memekik dan merintih minta tolong.

AL-MUKMINUUN : 65-

لَا تَجْأَرُوا الْيَوْمَ إِنَّكُم مِّنَّا لَا تُنصَرُونَ

TERJEMAH :

Janganlah kamu memekik minta tolong pada hari ini. Sesungguhnya kamu tiada akan mendapat pertolongan dari Kami.

TAFSIR :

Kemudian dikatakan kepada mereka : Janganlah kalian memekik minta tolong pada hari ini. Sesungguhnya kalian tidak akan mampu menolong diri kalian dan tidak ada seorang pun yang mampu menolong kalian dari adzab Allah.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*