Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 51-55

AL-MUKMINUUN : 51-

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

TERJEMAH :

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saIeh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

TAFSIR :

Wahai para Rasul!! Makanlah dari rizki yang baik dan halal. Kerjakanlah amalan shalih karena sesungguhnya Aku Maha Mengetahui perbuatan yang kalian kerjakan. Dan tiada sedikitpun amalan kalian yang tersembunyi dari diri-Ku. Ayat ini ditujukan kepada para Rasul dan umatnya secara keseluruhan. Ayat ini juga menjadi dalil bahwasanya memakan makanan yang halal bisa membantunya dalam beramal shalih. Dan sesungguhnya akibat makan makanan yang haram sangat berbahaya di antaranya adalah tertolaknya doa.

AL-MUKMINUUN : 52-

وَإِنَّ هَذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاتَّقُونِ

TERJEMAH :

Sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu [1007], dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku.

[1007] Lihat not surat Al Anbiya (21) ayat 92.

TAFSIR :

Wahai para Rasul!! Sesungguhnya agama kalian adalah satu yaitu Islam. Dan Aku adalah Rabb kalian maka bertakwalah kepada-Ku dengan melaksanakan perkara-perkara yang Aku perintahkan dan menjauhi segala sesuatu yang Aku larang.

AL-MUKMINUUN : 53-

فَتَقَطَّعُوا أَمْرَهُم بَيْنَهُمْ زُبُرًا كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ

TERJEMAH :

Kemudian mereka (pengikut-pengikut rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing).

TAFSIR :

Kemudian pengikut-pengikut agama para Rasul itu menjadi beberapa golongan dan kelompok. Mereka menjadikan agama terpecah belah menjadi beberapa aliran padahal mereka diperintahkan untuk bersatu. Tiap-tiap kelompok merasa bangga dengan pendapatnya dan menyangka dirinya berada di atas kebenaran, sedangkan yang lain di dalam kesalahan. Di dalam ayat ini terkandung ancaman keras dari berkelompok-kelompok dan berpecah belah di dalam agama.

AL-MUKMINUUN : 54-

فَذَرْهُمْ فِي غَمْرَتِهِمْ حَتَّى حِينٍ

TERJEMAH :

Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu.

TAFSIR :

Wahai para Rasul!! Biarkanlah mereka dalam kesesatan dan kebodohannya terhadap kebenaran sampai turun adzab kepada mereka.

AL-MUKMINUUN : 55-

أَيَحْسَبُونَ أَنَّمَا نُمِدُّهُم بِهِ مِن مَّالٍ وَبَنِينَ

TERJEMAH :

Apakah mereka mengira bahwa harta dan anak-anak yang Kami berikan kepada mereka itu (berarti bahwa),

TAFSIR :

Apakah orang-orang kafir itu mengira bahwa apa yang telah Kami karuniakan kepada mereka di dunia berupa harta dan anak-anak merupakan bentuk kebaikan yang Kami segerakan untuk mereka karena mereka berhak menerimanya??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*