Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 31-35

AL-MUKMINUUN : 31-

ثُمَّ أَنشَأْنَا مِن بَعْدِهِمْ قَرْنًا آخَرِينَ

TERJEMAH :

Kemudian, Kami jadikan sesudah mereka umat yang lain [999].

[999] Maksudnya: kaum ‘Ad sebagai yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dan itulah yang dipegangi oleh jumhur mufassirin, dan rasul yang diutus dalam kalangan mereka yang disebut dalam ayat 32 berikut ialah Nabi Hud u

TAFSIR :

Kemudian Kami jadikan sesudah kaumnya Nabi Nuh umat yang lain yaitu kaum ‘Ad.

AL-MUKMINUUN : 32-

فَأَرْسَلْنَا فِيهِمْ رَسُولًا مِنْهُمْ أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُم مِّنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ أَفَلَا تَتَّقُونَ

TERJEMAH :

Lalu Kami utus kepada mereka, seorang rasul dari kalangan mereka sendiri (yang berkata): “Sembahlah Allah oleh kamu sekalian, sekali-kali tidak ada Tuhan selain daripada-Nya. Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya).

TAFSIR :

Lalu Kami utus kepada mereka seorang Rasul dari kalangan mereka sendiri, yaitu Hud yang berkata kepada mereka : Sembahlah Allah saja karena tiada sembahan yang haq untuk kalian sembah selain Dia. Apakah kalian tidak takut dengan adzab-Nya jika kalian menyembah selain Dia??

AL-MUKMINUUN : 33-

وَقَالَ الْمَلَأُ مِن قَوْمِهِ الَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِلِقَاء الْآخِرَةِ وَأَتْرَفْنَاهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا مَا هَذَا إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يَأْكُلُ مِمَّا تَأْكُلُونَ مِنْهُ وَيَشْرَبُ مِمَّا تَشْرَبُونَ

TERJEMAH :

Dan berkatalah pemuka-pemuka yang kafir di antara kaumnya dan yang mendustakan akan menemui hari akhirat (kelak) dan yang telah Kami mewahkan mereka dalam kehidupan di dunia: “(Orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan dari apa yang kamu makan, dan meminum dari apa yang kamu minum.

TAFSIR :

Para pemuka mereka yang mempunyai kedudukan di dalam kaumnya, yang kafir kepada Allah, yang mengingkari kehidupan akhirat, dan yang paling durhaka dengan kenikmatan yang telah diberikan Allah kepada mereka berupa kemewahan hidup berkata : Orang yang mengajak kalian kepada mentauhidkan Allah ini, tidak lain hanyalah manusia biasa seperti kalian, dia makan dari apa yang kalian makan, dan minum dari apa yang kalian minum.

AL-MUKMINUUN : 34-

وَلَئِنْ أَطَعْتُم بَشَرًا مِثْلَكُمْ إِنَّكُمْ إِذًا لَّخَاسِرُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya jika kamu sekalian mentaati manusia yang seperti kamu, niscaya bila demikian, kamu benar-benar (menjadi) orang-orang yang merugi.

TAFSIR :

Sesungguhnya jika kalian menaati seseorang yang sama seperti kalian, niscaya kalian benar-benar akan menjadi orang-orang yang merugi. Karena kalian telah meninggalkan tuhan-tuhan kalian dan malah mengikutinya.

AL-MUKMINUUN : 35-

أَيَعِدُكُمْ أَنَّكُمْ إِذَا مِتُّمْ وَكُنتُمْ تُرَابًا وَعِظَامًا أَنَّكُم مُّخْرَجُونَ

TERJEMAH :

Apakah ia menjanjikan kepada kamu sekalian, bahwa bila kamu telah mati dan telah menjadi tanah dan tulang belulang, kamu sesungguhnya akan dikeluarkan (dari kuburmu) [1000]?,

[1000] Maksudnya; dikeluarkan dalam keadaan hidup sebagai waktu di dunia.

TAFSIR :

Bagaimana mungkin kalian membenarkan apa yang dijanjikannya bahwa bila kalian telah mati serta telah menjadi tanah dan tulang belulang kalian hancur, akan dikeluarkan dari kubur kalian dalam keadaan hidup??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*