Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 26-30

AL-MUKMINUUN : 26-

قَالَ رَبِّ انصُرْنِي بِمَا كَذَّبُونِ

TERJEMAH :

Nuh berdo’a: “Ya Tuhanku, tolonglah aku [997], karena mereka mendustakan aku.”

[997] Pertolongan yang dipermohonkan oleh Nuh kepada Allah ialah membinasakan kaumnya sehabis-habisnya. Lihat selanjutnya surat (71) Nuh ayat 26.

TAFSIR :

Nuh berkata : Ya Rabb!! Tolonglah aku dari mereka karena mereka telah mendustakanku terhadap risalah-Mu yang aku sampaikan.

AL-MUKMINUUN : 27-

فَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِ أَنِ اصْنَعِ الْفُلْكَ بِأَعْيُنِنَا وَوَحْيِنَا فَإِذَا جَاء أَمْرُنَا وَفَارَ التَّنُّورُ فَاسْلُكْ فِيهَا مِن كُلٍّ زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ وَأَهْلَكَ إِلَّا مَن سَبَقَ عَلَيْهِ الْقَوْلُ مِنْهُمْ وَلَا تُخَاطِبْنِي فِي الَّذِينَ ظَلَمُوا إِنَّهُم مُّغْرَقُونَ

TERJEMAH :

Lalu Kami wahyukan kepadanya: “Buatlah bahtera di bawah penilikan dan petunjuk Kami, maka apabila perintah Kami telah datang dan tanur [998] telah memancarkan air, maka masukkanlah ke dalam bahtera itu sepasang dari tiap-tiap (jenis), dan (juga) keluargamu, kecuali orang yang telah lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) di antara mereka. Dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim, karena sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.

[998] Yang dimaksud dengan “tanur” ialah semacam alat pemasak roti yang diletakkan di dalam tanah terbuat dari tanah liat, biasanya tidak ada air di dalamnya. Terpancarnya air di dalam tanur itu menjadi suatu alamat bahwa banjir besar akan melanda negeri itu.

TAFSIR :

Lalu Kami wahyukan kepadanya : Buatlah bahtera di bawah pengawasan, perintah dan pertolongan kami. Kamu di bawah perlindungan dan penjagaan Kami. Maka apabila perintah Kami telah dating untuk menimpakan adzab kepada kaummu dengan ditenggelamkan, yang dimulai dengan angin topan, dan air yang memancar dengan kuat dari tannur, yaitu tempat memasak roti. Hal itu merupakan tanda datangnya adzab. Maka masukkanlah ke dalam bahtera itu sepasang dari tiap-tiap (jenis) makhluk hidup agar terjaga keturunannnya. Dan juga masukkanlah keluargamu kecuali orang yang telah ditetapkan akan ditimpa adzab karena kekufurannya seperti istri dan putramu. Dan janganlah kamu meminta-Ku untuk menyelamatkan kaummu yang zhalim, karena mereka itu pasti akan ditenggelamkan, tanpa bisa tidak. Ayat ini menetapkan sifat mata bagi Allah sesuai dengan keagungan-Nya tanpa penyerupaan dan pertanyaan bagaimana bentuknya.

AL-MUKMINUUN : 28-

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

TERJEMAH :

Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim.”

TAFSIR :

Apabila kamu telah berada di atas bahtera itu dan sudah merasa tenang di atasnya. Yaitu kamu dan orang-orang yang bersamamu selamat dari tenggelam, maka ucapkanlah : Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang kafir.

AL-MUKMINUUN : 29-

وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

TERJEMAH :

Dan berdo’alah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

TAFSIR :

Dan berdoalah : Ya Rabb!! Mudahkanlah diriku untuk turun di tempat yang diberkahi lagi aman, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat. Di dalam ayat ini ada pelajaran dari Allah untuk para Hamba-Nya agar ketika turun di suatu tempat berdoa dengan doa ini.

AL-MUKMINUUN : 30-

إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ وَإِن كُنَّا لَمُبْتَلِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya pada (kejadian) itu benar-benar terdapat beberapa tanda (kebesaran Allah), dan sesungguhnya Kami menimpakan azab (kepada kaum Nuh itu).

TAFSIR :

Sesungguhnya dengan selamatnya orang-orang Mukmin dan hancurnya orang-orang kafir adalah merupakan bukti yang sangat jelas atas kebenaran para utusan Allah dengan apa yang mereka bawa dari Allah. Dan sungguh Kami benar-benar menguji umat-umat dengan mengutus para rasul kepada mereka sebelum turunnya adzab kepada mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*