Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 21-25

AL-MUKMINUUN : 21-

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُّسقِيكُم مِّمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,

TAFSIR :

Sesungguhnya kalian wahai para manusia!! Bisa mengambil pelajaran dalam penciptaan unta, sapid an kambing. Kami memberi minum kalian dari air susu yang ada dalam perutnya. Pada binatang-binatang ternak itu terdapat faidah lain yang banyak untuk kalian, seperti bulu, kulit dan yang semisalnya. Dan sebagian dari binatang-binatang tersebut kalian memakannya.

AL-MUKMINUUN : 22-

وَعَلَيْهَا وَعَلَى الْفُلْكِ تُحْمَلُونَ

TERJEMAH :

dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kamu diangkut.

TAFSIR :

Dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kamu dinagkut baik di daratan maupun di lautan.

AL-MUKMINUUN : 23-

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوحًا إِلَى قَوْمِهِ فَقَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُم مِّنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ أَفَلَا تَتَّقُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah oleh kamu Allah, (karena) sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

TAFSIR :

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya dengan mengemban dakwah Tauhid. Ia berkata kepada kaumnya : Sembahlah hanya Allah semata. Karena tidak ada bagi kalian Illah yang berhak disembah selain Allah. Beribadahlah kepada-Nya dengan ikhlas. Apakah kalian tidak takut terhadap adzab-Nya??

AL-MUKMINUUN : 24-

فَقَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ كَفَرُوا مِن قَوْمِهِ مَا هَذَا إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُرِيدُ أَن يَتَفَضَّلَ عَلَيْكُمْ وَلَوْ شَاء اللَّهُ لَأَنزَلَ مَلَائِكَةً مَّا سَمِعْنَا بِهَذَا فِي آبَائِنَا الْأَوَّلِينَ

TERJEMAH :

Maka pemuka-pemuka orang yang kafir di antara kaumnya menjawab: “Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, yang bermaksud hendak menjadi seorang yang lebih tinggi dari kamu. Dan kalau Allah menghendaki, tentu Dia mengutus beberapa orang malaikat. Belum pernah kami mendengar (seruan yang seperti) ini pada masa nenek moyang kami yang dahulu.

TAFSIR :

Pembesar kaumnya mendustakannya dan berkata kepada kaumnya : Sesungguhnya ia hanya manusia biasa seperti kalian. Tidak beda sedikit pun dari kalian. Ia hanya menginginkan dengan ucapan-ucapannya kepemimpinan dan kemuliaan atas kalian. Jika Allah memang hendak mengutus seorang Rasul kepada kita pastilah ia berasal dari golongan malaikat. Kita tidak pernah mendengar hal seperti itu dari ayah-ayah dan nenek moyang kita yang dahulu.

AL-MUKMINUUN : 25-

إِنْ هُوَ إِلَّا رَجُلٌ بِهِ جِنَّةٌ فَتَرَبَّصُوا بِهِ حَتَّى حِينٍ

TERJEMAH :

la tidak lain hanyalah seorang laki-laki yang berpenyakit gila, maka tunggulah (sabarlah) terhadapnya sampai suatu waktu.”

TAFSIR :

Nuh hanyalah seorang yang terjangkit penyakit gila. Maka tunggulah hingga ia sembuh dan meninggalkan dakwahnya, atau meninggal maka kemudian kalian akan tenang dari dirinya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*