Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 16-20

AL-MUKMINUUN : 16-

ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ

TERJEMAH :

Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.

TAFSIR :

Kemudian setelah kalian meninggal dan kehidupan dunia selesai, kalian akan dibangkitkan dalam keadaan hidup dari kubur kalian untuk dihisab dan menerima balasan (yakni pada Hari Kiamat).

AL-MUKMINUUN : 17-

وَلَقَدْ خَلَقْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعَ طَرَائِقَ وَمَا كُنَّا عَنِ الْخَلْقِ غَافِلِينَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan (tujuh buah langit); dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan (Kami).

TAFSIR :

Sungguh Kami telah menciptakan di atas kalian tujuh langit. Yang satu berada di atas yang lain. Kami tidak akan lalai terhadap yang Kami ciptakan. Kami tidak lengah dan lupa terhadap para makhluk.

AL-MUKMINUUN : 18-

وَأَنزَلْنَا مِنَ السَّمَاء مَاء بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الْأَرْضِ وَإِنَّا عَلَى ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.

TAFSIR :

Kami turunkan hujan dari langit sesuai dengan kebutuhan para makhluk. Dan Kami jadikan air itu menetap di bumi. Sesungguhnya Kami kuasa untuk menghilangkan air yang menetap itu. Di dalam ayat ini ada ancaman kepada orang-orang yang zhalim.

AL-MUKMINUUN : 19-

فَأَنشَأْنَا لَكُم بِهِ جَنَّاتٍ مِّن نَّخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَّكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

TERJEMAH :

Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,

TAFSIR :

Dengan air itu Kami tumbuhkan untuk kalian kebun kurma dan anggur. Di dalamnya kalian peroleh berbagai macam bentuk buah dan sebagiannya kalian makan.

AL-MUKMINUUN : 20-

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِن طُورِ سَيْنَاء تَنبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِّلْآكِلِينَ

TERJEMAH :

dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.

TAFSIR :

Dan Kami tumbuhkan untuk kalian pohon zaitun yang tumbuh di sekitar gunung Thur (Sina’). Kemudian diperas menjadi minyak untuk minyak wangi dan bumbu makanan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*