Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 111-115

AL-MUKMINUUN : 111-

إِنِّي جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوا أَنَّهُمْ هُمُ الْفَائِزُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang [1027].”

[1027] Maksud ayat 108, 110 dan 111 ialah bahwa orang-orang kafir itu diperintahkan tinggal tetap di neraka dan tidak boleh berbicara dengan Allah, karena mereka selalu mengejek-ejek orang-orang yang beriman, berdo’a kepada Allah supaya diberi ampun dan rahmat.

TAFSIR :

Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada kelompok ini dan hamba-hamba-Ku yang beriman dengan surga. Karena kesabaran mereka menghadapi gangguan dan menaati Allah.

AL-MUKMINUUN : 112-

قَالَ كَمْ لَبِثْتُمْ فِي الْأَرْضِ عَدَدَ سِنِينَ

TERJEMAH :

Allah bertanya: “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?”

TAFSIR :

Orang-orang yang celaka yang berada di dalam neraka ditanya : Berapa tahun kalian tinggal di dunia, dan berapa banyak ketaatan yang sudah kalian sia-siakan ketika di dunia??

AL-MUKMINUUN : 113-

قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ فَاسْأَلْ الْعَادِّينَ

TERJEMAH :

Mereka menjawab: “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.”

TAFSIR :

Karena di dalam tempat yang menakutkan dan dahsyatnya adzab mereka menjawab : Kami tinggal di dunia sehari atau setengah hari saja. Maka tanyakanlah kepada ahli hisab yang telah menghitung bulan dan hari.

AL-MUKMINUUN : 114-

قَالَ إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا لَّوْ أَنَّكُمْ كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui [1028]

[1028] Maksudnya: mereka hendaknya harus mengetahui bahwa hidup di dunia itu hanyalah sebentar saja, sebab itu mereka seharusnya janganlah hanya mencurahkan perhatian kepada urusan duniawi saja.

TAFSIR :

Allah berfirman kepada mereka : Kalian tidak tinggal di dunia melainkan hanya sebentar saja. Jika sekiranya kalian sabar di dalamnya untuk taat kepada Allah niscaya kalian akan beruntung dengan mendapatkan surga, kalau sekiranya di sisi kalian terdapat ilmu tentang itu. Hal itu terjadi karena waktu mereka di dunia hanya sebentar saja jika dibandingkan dengan panjangnya waktu mereka di dalam neraka, yakni selama-lamanya.

AL-MUKMINUUN : 115-

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?

TAFSIR :

Apakah kalian mengira wahai para makhluk, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kalian secara main-main saja, tanpa ada perintah, larangan, pahala dan adzab. Dan bahwa kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami di akhirat untuk dihisab dan diberi basalan??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*