Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 11-15

AL-MUKMINUUN : 11-

الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

TERJEMAH :

(ya’ni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

TAFSIR :

Mereka akan mewarisi tempat yang paling tinggi dan paling tengah di dalam surga. Dan ini merupakan tempat yang paling istimewa. Mereka akan kekal di dalamnya, tidak akan terputus dan tidak hilang kenikmatannya.

AL-MUKMINUUN : 12-

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ مِن سُلَالَةٍ مِّن طِينٍ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

TAFSIR :

Sungguh Kami telah menciptakan Adam dari tanah yang diambil dari segala bagian bumi.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Umar berkata :Aku bertepatan dengan Rabbku dalam empat perkara, turun ayat 12. Ketika ayat 121 itu turun aku berkata : Maka Mahasuci-lah Allah, Pencipta yang paling baik.

AL-MUKMINUUN : 13-

ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَّكِينٍ

TERJEMAH :

Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

TAFSIR :

Kemudian Kami ciptakan keturunannya dari sperma. Yaitu sperma yang keluar dari tulang rusuk lelaki kemudian disimpan dengan kokoh di dalam rahim perempuan.

AL-MUKMINUUN : 14-

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

TERJEMAH :

Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

TAFSIR :

Kemudian sperma tersebut Kami jadikan segumpal darah, yaitu darah yang merah. Lalu segumpal darah itu setelah empat puluh hari Kami jadikan segumpal daging, yaitu sepotong daging seukuran bisa dikunyah. Setelah itu Kami jadikan segumpal daging yang lentur tersebut menjadi tulang dan Kami bungkus tulang itu dengan daging. Kemudian Kami tumbuhkan menjadi makhluk yang berbentuk lain yang ditiupkan ruh ke dalamnya. Mahasuci Allah yang telah menciptakan segala sesuatu dengan yang terbaik.

AL-MUKMINUUN : 15-

ثُمَّ إِنَّكُمْ بَعْدَ ذَلِكَ لَمَيِّتُونَ

TERJEMAH :

Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati.

TAFSIR :

Setelah itu wahai manusia sekalian, sesudah sampai batas kehidupan dan menjalani umur yang diberikan, kalian akan meninggal.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*