Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 106-110

AL-MUKMINUUN : 106-

قَالُوا رَبَّنَا غَلَبَتْ عَلَيْنَا شِقْوَتُنَا وَكُنَّا قَوْمًا ضَالِّينَ

TERJEMAH :

Mereka berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang-orang yang sesat.

TAFSIR :

Yakni ketika para Rasul itu menyampaikan risalahnya kepada mereka dan memperingatkan mereka, mereka berkata pada Hari Kiamat : Wahai Rabb kami!! Kami telah dikalahkan oleh kejahatan diri kami, dan hawa nafsu kami yang telah menguasai diri kami dalam ilmu-Mu yang mendahului. Dan dikarenakan perbuatan kami ini, kami tersesat dari hidayah.

AL-MUKMINUUN : 107-

رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْهَا فَإِنْ عُدْنَا فَإِنَّا ظَالِمُونَ

TERJEMAH :

Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim.”

TAFSIR :

Wahai Rabb kami!! Keluarkanlah kami dari neraka dan kembalikanlah kami ke dunia. Maka jika kami kembali pada kesesatan, sesungguhnya kami adalah orang-orang zhalim yang pantas untuk diadzab.

AL-MUKMINUUN : 108-

قَالَ اخْسَؤُوا فِيهَا وَلَا تُكَلِّمُونِ

TERJEMAH :

Allah berfirman: “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.

TAFSIR :

Allah berfirman kepada mereka : Tinggallah di dalam neraka dengan kehinaan dan janganlah kamu berbicara dengan diri-Ku. Maka terputuslah doa dan harapan mereka saat itu.

AL-MUKMINUUN : 109-

إِنَّهُ كَانَ فَرِيقٌ مِّنْ عِبَادِي يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdo’a (di dunia): “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik.

TAFSIR :

Sesungguhnya ada segolongan dari hamba-hamba-Ku yakni orang-orang yang beriman berdoa : Wahai Rabb kami!! Kami telah beriman, maka tutupilah dosa-dosa kami dan berilah kami rahmat, karena Engkau adalah sebaik-baik yang memberikan kasih saying.

AL-MUKMINUUN : 110-

فَاتَّخَذْتُمُوهُمْ سِخْرِيًّا حَتَّى أَنسَوْكُمْ ذِكْرِي وَكُنتُم مِّنْهُمْ تَضْحَكُونَ

TERJEMAH :

Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu mentertawakan mereka,

TAFSIR :

Kalian sibuk mengejek mereka hingga kalian lupa mengingat Allah. Kalian selalu mendustakan dan kalian menertawakan mereka sebagai ejekan dan olokan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*