Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Hijr 81-90

AL HIJR : 81

وَآتَيْنَاهُمْ آيَاتِنَا فَكَانُواْ عَنْهَا مُعْرِضِينَ

Terjemah : dan Kami telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami, tetapi mereka selalu berpaling daripadanya,

Tafsir : Kami telah mendatangkan kepada kaum Shalih tanda-tanda kekuasaan Kami yang menunjukkan kebenaran yang dibawa oleh Shalih berupa al-haqq (kebenaran). Di antaranya unta betina, tetapi mereka tidak mengambil pelajaran darinya, dan mereka menjauh lagi berpaling darinya.

AL HIJR : 82

وَكَانُواْ يَنْحِتُونَ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا آمِنِينَ

Terjemah : dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung-gunung batu (yang didiami) dengan aman.

Tafsir : Mereka memahat gunung-gunung lalu mereka menjadikannya sebagai rumah, sedang mereka merasa aman dari kejatuhan rumah itu atau rusak.

AL HIJR : 83,84

فَأَخَذَتْهُمُ الصَّيْحَةُ مُصْبِحِينَ فَمَا أَغْنَى عَنْهُم مَّا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

Terjemah : Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur di waktu pagi [813],maka tak dapat menolong mereka, apa yang telah mereka usahakan. [813] Peristiwa itu terjadi pada hari yang keempat, sesudah datangnya peringatan kepada mereka.

Tafsir : Maka mereka dihukum dengan adzab yang bersuara sangat keras pada waktu pagi sekali. Harta, benteng di gunung, dan kekuatan serta kedudukan yang mereka miliki tidak dapat menghindarkan mereka dari adzab Allah.

AL HIJR : 85

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلاَّ بِالْحَقِّ وَإِنَّ السَّاعَةَ لآتِيَةٌ فَاصْفَحِ الصَّفْحَ الْجَمِيلَ

Terjemah : Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik.

Tafsir : Kami tidak menciptakan langit dan bumi serta apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan kebenaran yang menunjukkan kesempurnaan dan kekuasaan Penciptanya, dan bahwa tidak ada yang patut disembah kecuali Dia semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Sesungguhnya waktu terjadinya Kiamat itu benar-benar pasti akan datang; agar setiap diri diberi balasan sesuai apa yang diperbuatnya. Maka, maafkanlah, wahai Rasul, orang-orang musyrik itu. Beri mereka kelonggaran dan maafkanlah perbuatan mereka.

AL HIJR : 86

إِنَّ رَبَّكَ هُوَ الْخَلاَّقُ الْعَلِيمُ

Terjemah : Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.

Tafsir : Sesungguhnya Rabbmu adalah Maha Pencipta segala sesuatu, lagi Maha Mengetahuinya. Dia tidak bisa dilemahkan oleh apa pun yang ada di bumi dan di langit, serta tidak sesuatu pun yang luput dari pengetahuan-Nya.

AL HIJR : 87

وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنَ الْعَظِيمَ

Terjemah : Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang [814] dan Al Qur”an yang agung.

________________________________________

[814] Yang dimaksud tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang ialah surat Al-Faatihah yang terdiri dari tujuh ayat. Sebagian Ahli tafsir mengatakan tujuh surat-surat yang panjang yaitu Al-Baqarah, Ali Imran, Al-Maaidah, An-Nissa”, Al “Araaf, Al An”aam dan Al-Anfaal atau At-Taubah.

Tafsir : Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu, wahai nabi, pembukaan al-Qur”an (Fatihah al-Qur”an), yaitu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dalam setiap shalat, dan Kami memberikan kepadamu al-Qur”an yang agung.

AL HIJR : 88

لاَ تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَى مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِّنْهُمْ وَلاَ تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ

Terjemah : Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.

Tafsir : Janganlah kamu memandang dengan kedua matamu dan menginginkan kenikmatan dunia yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan kaum kafir, dan janganlah kamu bersedih hati terhadap kekafiran mereka, serta tawadhu”lah kepada orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

AL HIJR : 89

وَقُلْ إِنِّي أَنَا النَّذِيرُ الْمُبِينُ

Terjemah : Dan katakanlah: “Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan”.

Tafsir : Katakanlah : Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan lagi pemberi penjelasan kepada perkara yang membuat manusia tertunjukkan kepada iman kepada Allah Rabb semesta alam.

AL HIJR : 90

كَمَا أَنزَلْنَا عَلَى المُقْتَسِمِينَ

Terjemah : Sebagaimana (Kami telah memberi peringatan), Kami telah menurunkan (azab) kepada orang-orang yang membagi-bagi (Kitab Allah) [815],

________________________________________

[815] Yang dimaksud dengan orang-orang yang membagi-bagi Kitab Allah ialah orang-orang yang menerima sebagian isi Kitab dan menolak sebahagian yang lain.

Tafsir : Aku juga pemberi peringatan kepada kalian dari adzab yang bakal menimpa kalian, sebagaimana yang telah Allah timpakan terhadap orang-orang yang membagi-bagi al-Qur”an, lalu mereka beriman kepada sebagiannya dan kafir kepada sebagiannya yang lain, yaitu kaum Yahudi, Nashrani dan kaum kafir Quraisy.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*