Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Hijr 21-30

AL HIJR : 21

وَإِن مِّن شَيْءٍ إِلاَّ عِندَنَا خَزَائِنُهُ وَمَا نُنَزِّلُهُ إِلاَّ بِقَدَرٍ مَّعْلُومٍ

Terjemah : Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya [795]; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.

________________________________________

[795] Maksudnya segala sesuatu itu sumbernya dari Allah I

Tafsir : Tidak ada sedikit pun dari kemanfaatan manusia melainkan perbendaharaannya dari semua jenisnya ada pada sisi Kami. Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu sebagaimana yang Kami kehendaki dan Kami inginkan. Perbendaharaannya ada di tangan Allah, Dia memberi siapa yang dikehendaki-Nya dan menghalangi siapa yang dikehendaki-Nya, sesuai rahmat-Nya yang luas dan kebijaksanaan-Nya yang mendalam.

AL HIJR : 22

وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنزَلْنَا مِنَ السَّمَاء مَاء فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ

Terjemah : Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

Tafsir : Kami mengirimkan angin dan menundukkannya untuk memecah awan, lalu ia mengalirkan air dan hujan, dan mengawinkan tumbuh-tumbuhan lalu membuka daun dan mayangnya, serta membawa hujan, kebaikan dan kemanfaatan. Kami turunkan dari awan hujan yang Kami siapkan untuk minuman, tanah dan ternak kalian. Kalian tidak mampu menyimpannya, tetapi Kami menjaganya untuk kalian sebagai rahmat dan anugerah bagi kalian.

AL HIJR : 23

وَإنَّا لَنَحْنُ نُحْيِي وَنُمِيتُ وَنَحْنُ الْوَارِثُونَ

Terjemah : Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi.

Tafsir : Sesungguhnya Kami benar-benar menghidupkan orang yang mati, dengan menciptakannya dari ketiadaan, dan mematikan orang yang hidup setelah berakhir ajalnya, serta Kamilah yang mewarisi bumi dan orang-orang yang berada di permukaannya.

AL HIJR : 24

وَلَقَدْ عَلِمْنَا الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنكُمْ وَلَقَدْ عَلِمْنَا الْمُسْتَأْخِرِينَ

Terjemah : Dan sesungguhnya Kami telah mengetahui orang-orang yang terdahulu daripada-mu dan sesungguhnya Kami mengetahui pula orang-orang yang terkemudian (daripadamu).

Tafsir : Sesungguhnya Kami telah mengetahui siapa yang telah binasa di antara kalian dari anak keturunan Adam, siapa yang masih hidup, dan siapa yang akan datang hingga Hari Kiamat. Asbabun Nuzul : At-Tirmidzi, an-Nasai, al-Hakim dan lainnya meriwayatkan dari Ibnu Abbas berkata : Ada seorang wanita cantik shalat di belakang Nabi صلی الله عليه وسلم , sehingga ada sebagian shahabat yang maju ke depan ke shaf pertama agar tidak melihatnya. Tetapi ada pula yang mundur sehingga dia berdiri di shaf terakhir, jika dia ruku maka dia bisa melihat wanita tersebut dari balik ketiaknya, maka Allah menurunkan ayat 24 ini.

AL HIJR : 25

وَإِنَّ رَبَّكَ هُوَ يَحْشُرُهُمْ إِنَّهُ حَكِيمٌ عَلِيمٌ

Terjemah : Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang akan menghimpunkan mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Tafsir : Sesungguhnya Rabbmulah yang akan menghimpun mereka untuk dihisab dan diberi balasan. Sesunggguhnya Dia Maha Bijaksana dalam rencananya, lagi Maha Mengetahui, tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengetahuan-Nya.

AL HIJR : 26

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإِنسَانَ مِن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ

Terjemah : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

Tafsir : Sesungguhnya Kami telah menciptakan Adam dari tanah liat kering yang ketika diketuk terdengar suaranya. Tanah liat kering ini berasal dari lumpur hitam yang berubah warna dan baunya; Karena lama mengendap.

AL HIJR : 27

وَالْجَآنَّ خَلَقْنَاهُ مِن قَبْلُ مِن نَّارِ السَّمُومِ

Terjemah : Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.

Tafsir : Kami menciptakan bapak jin, yaitu Iblis, sebelum menciptakan Adam, dari api yang sangat panas yang tiada asapnya.

AL HIJR : 28

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِّن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ

Terjemah : Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk,

Tafsir : Ingatlah, wahai Rasul, ketika Rabbmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah liat kering, dan tanah liat kering ini berasal dari lumpur hitam yang berubah warnanya.

AL HIJR : 29

فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِي فَقَعُواْ لَهُ سَاجِدِينَ

Terjemah : Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud [796].

________________________________________

[796] Dimaksud dengan sujud di sini bukan menyembah, tetapi sebagai penghormatan.

Tafsir : Ketika Aku telah menyempurnakan rupanya , dan meniupkan ruh di dalamnya, maka tunduklah kepadanya dengan bersujud, yaitu sujud penghormatan dan pemuliaan, bukan sujud ibadah.

AL HIJR : 30

فَسَجَدَ الْمَلآئِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ

Terjemah : Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama- sama,

Tafsir : Maka bersujudlah semua malaikat sebagaimana yang diperintahkan oleh Rabb mereka, tidak ada satu pun dari mereka yang menolaknya.

 

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*