Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Hajj 56-60

AL-HAJJ : 56-

الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ لِّلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ

TERJEMAH :

Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam syurga yang penuh keni’matan.

TAFSIR :

Kerajaan dan kekuasaan pada hari itu kepunyaan Allah semata. Dia memberi keputusan di antara orang-orang Mukmin dan orang-orang kafir. Orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta mengerjakan amal-amal shalih, mereka mendapatkan kenikmatan yang abadi di dalam surga.

AL-HAJJ : 57-

وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا فَأُوْلَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُّهِينٌ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, maka bagi mereka azab yang menghinakan.

TAFSIR :

Sementara orang-orang yang mengingkari keesaan Allah, mendustakan Rasul-Nya, dan mengingkari ayat-ayat al-Qur’an, maka mereka mendapatkan adzab yang menghinakan mereka di dalam Jahanam.

AL-HAJJ : 58-

وَالَّذِينَ هَاجَرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ قُتِلُوا أَوْ مَاتُوا لَيَرْزُقَنَّهُمُ اللَّهُ رِزْقًا حَسَنًا وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka di bunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezki yang baik (surga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezki.

TAFSIR :

Orang-orang yang keluar dari negeri mereka untuk mencari ridha Allah dan menolong agama-Nya, di antara mereka ada yang terbunuh saat berjihad menghadapi kaum kafir, dan ada pula di antara mereka yang mati bukan karena peperangan, agar Allah mengaruniakan kepada mereka surga dan kenikmatannya yang tiada putus-putusnya dan terus menerus. Sesungguhnya Allah benar-benar sebaik-baik pemberi rizki.

AL-HAJJ : 59-

لَيُدْخِلَنَّهُم مُّدْخَلًا يَرْضَوْنَهُ وَإِنَّ اللَّهَ لَعَلِيمٌ حَلِيمٌ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Allah akan memasukkan mereka ke dalam suatu tempat (syurga) yang mereka menyukainya. Dan sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Penyantun.

TAFSIR :

Sungguh Allah akan memasukkan mereka ke tempat masuk yang mereka sukai, yaitu surga. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Mengetahui siapa yang keluar di jalan-Nya dan siapa yang keluar karena mencari dunia, lagi Maha Penyantun kepada orang yang bermaksiat kepada-Nya, sehingga Dia tidak menyegerakan hukuman terhadap mereka.

AL-HAJJ : 60-

ذَلِكَ وَمَنْ عَاقَبَ بِمِثْلِ مَا عُوقِبَ بِهِ ثُمَّ بُغِيَ عَلَيْهِ لَيَنصُرَنَّهُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَعَفُوٌّ غَفُورٌ

TERJEMAH :

Demikianlah, dan barangsiapa membalas seimbang dengan penganiayaan yang pernah ia derita kemudian ia dianiaya (lagi), pasti Allah akan menolongnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pema’af lagi Maha Pengampun.

TAFSIR :

Itulah perkara yang telah Kami kisahkan kepadamu, yaitu dimasukkannya orang-orang yang berhijrah ke dalam surga. Barangsiapa yang dianiaya dan dizhalimi, maka sesungguhnya ia telah diizinkan untuk membalas orang jahat setara dengan perbuatannya, dan tiada dosa atasnya. Apabila orang yang jahat ini kembali mengganggunya dan berbuat zhalim, maka sesungguhnya Allah akan menolong orang yang teraniaya; karena tidak boleh ia dianiaya disebabkan keadilannya terhadap dirinya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun. Dia memaafkan orang-orang yang berdosa, sehingga tidak menyegerakan adzab kepada mereka, dan mengampuni dosa-dosa mereka.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Muqatil bahwa ayat ini turun pada pasukan yang dikirim oleh Nabi صلی الله عليه وسلم , mereka bertemu orang-orang musyrik pada dua malam tersisa dari Muharram. Maka sebagian orang-orang musyrik berkata kepada sebagian yang lain : Perangilah shahabat-shahabat Muhammad, karena mereka mengharamkan perang di bulan haram. Dan bahwa shahabat-shahabat Muhammad telah mengingatkan mereka dan meminta kepada mereka agar tidak memerangi mereka, karena mereka tidak menghalalkan perang di bulan haram. Namun orang-orang musyrik menolak, mereka mulai memerangi para shahabat dan berbuat zhalim terhadap mereka. Maka para shahabatpun balas memerangi mereka dan Allah memberi kemenangan kepada mereka. Maka ayat 60 ini pun turun.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*