Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Hajj 46-50

AL-HAJJ : 46-

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَكِن تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ

TERJEMAH :

maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang mendustakan dari penduduk Quraisy itu tidak pernah berjalan di muka bumi untuk menyaksikan bekas-bekas orang-orang yang dibinasakan, lalu mereka berpikir dengan akal mereka sehingga bisa mengambil pelajaran, dan mendengar kisah-kisah mereka dengan penuh perhatian sehingga bisa mengambil pelajaran darinya?? Karena sesungguhnya buta itu bukanlah buta mata, tetapi buta yang membinasakan itu ialah buta mata hati dari melihat kebenaran dan memperhatikannya.

AL-HAJJ : 47-

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَن يُخْلِفَ اللَّهُ وَعْدَهُ وَإِنَّ يَوْمًا عِندَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّونَ

TERJEMAH :

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu menurut perhitunganmu.

TAFSIR :

Kaum kafir Quraisy meminta kepadamu, wahai Rasul, (karena kejahilan mereka yang sangat parah) agar adzab yang kamu peringatkan terhadap mereka, ketika mereka tetap dalam kekafiran mereka, disegerakan kedatangannya. Allah tidak akan menyelisihi adzab yang diancamkan kepada mereka, karena itu pasti terjadi. Sungguh Allah telah menyegerakan hal itu bagi mereka di dunia dalam peristiwa Badar. Sesungguhnya sehari di sisi Allah (yaitu Hari Kiamat) adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun dunia yang kalian hitung.

AL-HAJJ : 48-

وَكَأَيِّن مِّن قَرْيَةٍ أَمْلَيْتُ لَهَا وَهِيَ ظَالِمَةٌ ثُمَّ أَخَذْتُهَا وَإِلَيَّ الْمَصِيرُ

TERJEMAH :

Dan berapalah banyaknya kota yang Aku tangguhkan (azab-Ku) kepadanya, yang penduduknya berbuat zalim, kemudian Aku azab mereka, dan hanya kepada-Kulah kembalinya (segala sesuatu).

TAFSIR :

Betapa banyak dari negeri-negeri yang zhalim, karena penduduknya tetap dalam kekafiran mereka, lalu Aku tangguhkan dan tidak segera mengadzab mereka sehingga mereka terpedaya. Kemudian Aku hukum mereka dengan adzab-Ku di dunia. Kepada-Kulah tempat kembali mereka setelah kebinasaan mereka, lalu naku akan mengadzab mereka dengan adzab yang pantas bagi mereka.

AL-HAJJ : 49-

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّمَا أَنَا لَكُمْ نَذِيرٌ مُّبِينٌ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kamu”.

TAFSIR :

Katakanlah, wahai Rasul : Hai manusia, aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan kepada kalian, penyampai risalah dari Allah.

AL-HAJJ : 50-

فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

TERJEMAH :

Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia.

TAFSIR :

Orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan keimanan tersebut menetap dalam hati mereka, serta mereka mengerjakan amal-amal shalih, mereka mendapatkan ampunan dari dosa-dosa mereka, ampunan yang menutupi kemaksiatan yang datang dari diri mereka, dan rizki yang baik yang tiada putus-putusnya, yaitu surga.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*