Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Hajj 21-25

AL-HAJJ : 21-

وَلَهُم مَّقَامِعُ مِنْ حَدِيدٍ

TERJEMAH :

Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.

TAFSIR :

Sementara malaikat memukul kepala mereka dengan alat pemukul dari besi.

AL-HAJJ : 22-

كُلَّمَا أَرَادُوا أَن يَخْرُجُوا مِنْهَا مِنْ غَمٍّ أُعِيدُوا فِيهَا وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ

TERJEMAH :

Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan), “Rasailah azab yang membakar ini”.

TAFSIR :

Setiapkali mereka mencoba keluar dari neraka (karena mereka sangat kesusahan) maka mereka dikembalikan ke dalamnya untuk disiksa, dan dikatakan kepada mereka : Rasakanlah adzab neraka yang membakar ini.

AL-HAJJ : 23-

إِنَّ اللَّهَ يُدْخِلُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.

TAFSIR :

Sesungguhnya Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan beramal shalih ke dalam surga-surga yang abadi kenikmatannya, yang mengalir sungai-sungai dari bawah istana-istana dan pepohonannya. Di surga itu mereka dihiasi dengan gelang-gelang yang terbuat dari emas dan mutiara, dan pakian sehari-hari mereka di surga adalah sutera, baik laki-laki maupun perempuan.

AL-HAJJ : 24-

وَهُدُوا إِلَى الطَّيِّبِ مِنَ الْقَوْلِ وَهُدُوا إِلَى صِرَاطِ الْحَمِيدِ

TERJEMAH :

Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji.

TAFSIR :

Sesungguhnya Allah telah menunjukkan mereka di dunia kepada ucapan-ucapan yang baik, yaitu kalimat Tauhid, pujian, dan sanjungan kepada Allah. Sementara di akhirat, Allah menunjukkan mereka kepada pujian kepada-Nya atas kesudahan yang baik ini, sebagaimana Dia telah menunjukkan mereka sebelumnya (semasa di dunia) kepada jalan Islam yang terpuji yang mengantarkan ke surga.

AL-HAJJ : 25-

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ اللَّهِ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ الَّذِي جَعَلْنَاهُ لِلنَّاسِ سَوَاء الْعَاكِفُ فِيهِ وَالْبَادِ وَمَن يُرِدْ فِيهِ بِإِلْحَادٍ بِظُلْمٍ نُذِقْهُ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

TERJEMAH :

Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalangi manusia dari jalan Allah dan Masjidilharam yang telah Kami jadikan untuk semua manusia, baik yang bermukim di situ maupun di padang pasir dan siapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebahagian siksa yang pedih.

TAFSIR :

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan mendustakan ajaran yang di bawa oleh Muhammad صلی الله عليه وسلم , menghalangi orang lain masuk ke dalam agama Allah, dan menghalangi Rasulullah صلی الله عليه وسلم  dan kaum Mukmin dalam peristiwa Hudaibiyah memasuki Masjidil Haram, yang Kami menjadikannya untuk semua orang Mukmin, baik yang bermukim di sana maupun yang dating ke sana, maka mereka akan mendapatkan adzab yang pedih lagi menyakitkan. Barangsiapa yang bermaksud, di Masjidil Haram, menyimpang dari kebenaran secara zhalim, lalu bermaksiat kepada Allah di sana, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebahagian siksa yang pedih.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Ibnu Abbas berkata : Nabi صلی الله عليه وسلم  mengutus Abdullah bin Unais bersama dua orang laki-laki, salah satunya orang Muhajirin dan yang lain orang Anshar, maka mereka saling membanggakan nasab, maka Abdullah bin Unais pun marah, lalu dia membunuh orang Anshar, kemudian murtad dari Islam dan kabur ke Makkah, maka turunlah ayat 25 ini.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*