Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Furqaan 6-10

AL-FURQAAN : 6-

قُلْ أَنزَلَهُ الَّذِي يَعْلَمُ السِّرَّ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ إِنَّهُ كَانَ غَفُورًا رَّحِيمًا

TERJEMAH :

Katakanlah: “Al Qur’an itu diturunkan oleh (Allah) yang mengetahui rahasia di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang kafir : Sesungguhnya yang menurunkan al-Qur’an adalah Allah Ta’ala, yang ilmu-Nya meliputi semua yang ada di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Menerima taubat orang yang bertaubat dari dosa dan kemaksiatannya, lagi Maha Penyayang kepada mereka, yakni dengan tidak segera menimpakan adzab kepada mereka.

AL-FURQAAN : 7-

وَقَالُوا مَالِ هَذَا الرَّسُولِ يَأْكُلُ الطَّعَامَ وَيَمْشِي فِي الْأَسْوَاقِ لَوْلَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مَلَكٌ فَيَكُونَ مَعَهُ نَذِيرًا

TERJEMAH :

Dan mereka berkata: “Mengapa rasul itu memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar? Mengapa tidak diturunkan kepadanya seorang malaikat agar malaikat itu memberikan peringatan bersama- sama dengan dia?,

TAFSIR :

Orang-orang muysrik berkata : Mengapa orang yang dianggap utusan Allah yakni Muhammad صلی الله عليه وسلم, memakan makanan seperti yang kita lakukan dan juga berjalan di pasar-pasar untuk mencari rizki?? Mengapa tidak diturunkan kepadanya seorang Malaikat yang bersaksi tentang kejujurannya,

AL-FURQAAN : 8-

أَوْ يُلْقَى إِلَيْهِ كَنزٌ أَوْ تَكُونُ لَهُ جَنَّةٌ يَأْكُلُ مِنْهَا وَقَالَ الظَّالِمُونَ إِن تَتَّبِعُونَ إِلَّا رَجُلًا مَّسْحُورًا

TERJEMAH :

atau (mengapa tidak) diturunkan kepadanya perbendaharaan, atau (mengapa tidak) ada kebun baginya, yang dia dapat makan dari (hasil)nya?” Dan orang-orang yang zalim itu berkata: “Kamu sekalian tidak lain hanyalah mengikuti seorang lelaki yang kena sihir”.

TAFSIR :

atau diturunkan dari langit gudang harta untuknya atau kebun yang luas yang ia akan memakan buah-buahan di dalamnya?? Orang-Orang zhalim lagi pendusta itu berkata : Wahai orang-orang yang beriman, kalian hanyalah mengikuti seseorang yang sedang terkena sihir yang telah menguasai akalnya.

AL-FURQAAN : 9-

انظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوا لَكَ الْأَمْثَالَ فَضَلُّوا فَلَا يَسْتَطِيعُونَ سَبِيلًا

TERJEMAH :

Perhatikanlah, bagaimana mereka membuat perbandingan-perbandingan tentang kamu, lalu sesatlah mereka, mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan (untuk menentang kerasulanmu).

TAFSIR :

Perhatikanlah (wahai Rasul) : Bagaimana para pendusta itu berkata tentang dirimu dengan perkataan-perkataan yang aneh dan karena anehnya ia serupa dengan dongeng. (Hal itu mereka lakukan) agar bisa mendustakanmu. Karena itu mereka akan semakin jauh dari kebenaran dan mereka tidak menemukan jalan kepadanya untuk memperbaiki apa yang sudah mereka katakan tentang dirimu, yakni membuat kedustaan dan berita-berita bohong.

AL-FURQAAN : 10-

تَبَارَكَ الَّذِي إِن شَاء جَعَلَ لَكَ خَيْرًا مِّن ذَلِكَ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَيَجْعَل لَّكَ قُصُورًا

TERJEMAH :

Maha Suci (Allah) yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, (yaitu) surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya (pula) untukmu istana-istana [1056].

[1056] Maksudnya: Kalau Allah menghendaki niscaya dijadikanNya untuk Muhammad r surga-surga dan istana-istana seperti yang bakal diperolehnya di akhirat. Tetapi Allah tidak menghendaki yang demikian agar manusia itu tunduk dan beriman kepada Allah bukanlah karena dipengaruhi oleh benda, melainkan berdasarkan kepada bukti-bukti dan dalil-dalil yang nyata.

TAFSIR :

Begitu agung berkah Allah dan betapa banyak kebaikan Allah. Jika Dia menghendaki dirimu wahai Rasul untuk mendapatkan kebaikan lebih dari yang mereka angan-angankan untukmu, niscaya Allah akan menjadikan untukmu kebun-kebun yang banyak di dunia yang di sela-selanya ada sungai, dan akan menjadikan istana yang sangat besar untuk dirimu.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Abu Syaibah dalam kitab al-Mushannaf, Ibnu Jarir dan Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Khaitsamah berkata, dikatakan kepada Nabi صلی الله عليه وسلم : Jika kamu mau, kami akan memberimu kunci-kunci dan kekayaan-kekayaan bumi dan hal itu tetap tidak akan mengurangi bagianmu di akhirat. Jika kamu mau maka kami akan mengumpulkan keduanya untukmu di akhirat. Nabi صلی الله عليه وسلم  menjawab : Kumpulkan saja di akhirat. Maka turun ayat 10 ini.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*